SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHJONG FOR ARABIC DALAM PEMBELAJARAN TARKIB WASHFI DAN TARKIB IDHAFI BERBASIS COOPERATIVE LEARNING DI MADRASAH ALIYAH

naila himmatil aliyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Aliyah, Naila Himmatil. 2017.Pengembangan Media Permainan Mahjong for Arabic dalam Pembelajaran Tarkib Washfi dan Tarkib Idhafi. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Moh. Khasairi, M.Pd. (2) Dr. Yusuf Hanafi S.Ag., M.Fil.I

 

Kata kunci:  media pembelajaran, Tarkib Washfi, Tarkib Idhafi, Mahjong , kooperatif

Tarkib Washfi  dan Tarkib Idhafi merupakan tarkib bahasa Arab yang harus dipahami oleh pembelajar bahasa Arab. Hasil wawancara dengan mahasiswa Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang menunjukkan bahwa mereka merasa  kesulitan dengan kedua materi ini. Hasil observasi di MAN 1 Kota Malang juga menunjukkan bahwa bahasa Arab khususnya materi Tarkib Washfi dan Tarkib Idhafi ini sulit bagi siswa sehingga siswa merasa bosan pada pembelajaran bahasa Arab. Penyebab lainnya yaitu guru hanya menggunakan buku sebagai sarana pembelajaran. Sebagai solusi terhadap permasalahan tersebut, penulis mengajukan penggunaan permainan papan Mahjong for Arabic dalam mengajarkan Tarkib Wahfi dan Tarkib Idhafi.

Tujuan penelitian ini adalah:  (1) mengembangkan media Mahjong for Arabic dalam pembelajaran Tarkib Washfi dan Tarkib Idhafi  (2) mendiskripsikan penggunaan media permainan Mahjong for Arabic dalam pembelajaran Tarkib Washfi  dan Tarkib Idhafi (3) mendiskripsikan kelayakan penggunaan media permainan Mahjong for Arabic dalam pembelajaran bahasa Arab. peneliti menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Langkah-langkah pengembangan sebagai berikut: (1) analisa kebutuhan (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) uji ahli (5) revisi produk (6) uji lapangan (7) penyempurnaan produk akhir.

Hasil penelitian ini berupa seperangkat Papan Mahjong lengkap dengan buahnya dan dilengkapi dengan buku petunjuk permainan. Permainan Mahjong ini terdiri atas 1 papan berukuran 60 cmx 60 cm dan buah Mahjong berukuran 6 cmx 3,5 cm x1,5 cm. Buah Mahjong terbagi atas 7 set warna dengan klasifikasi yang terdiri Atas Tarkib Washfi 4 set yaitu: Nakirah-Ma’rifat, Mudzakkar-Muannats, Mufrrod-Tatsniyah-Jama’ dan I’rob. Untuk 3 set lainnya yaitu Tarkib Idhafi Penisbatan pada arti didalam, untuk/milik, dan dari.

Media Mahjong for Arabic ini dapat digunakan secara individu maupun kelompok. Dengan menggunakan metode kooperatif learning model TGT, maka permainan ini akan berjalan dengan baik. Selain itu dalam memposisikan media ini juga dapat diatur sesuai kebutuhan yaitu secara horizontal ataupun vertical.

 Hasil uji validitas media Mahjong for Arabic ini oleh ahli materi  82,1% (valid), oleh ahli media 78,6% (valid), oleh praktisi pembelajaran 93,3% (valid). Selanjutnya uji lapangan yang dilakukan di MAN 1 Kota Malang memperoleh hasil 83,4%  (valid).

 

Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan media Mahjong  for Arabic ini untuk pembelajaran Mufradat bagi anak-anak, pembelajaran ‘Adad Ma’dud, dan lain sebagainya yang sekiranya cocok dengan permainan mencari pasangan.