SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PenerapanMetodePembelajaranCooperative Learning: Make A MatchuntukMeningkatkanHasilPembelajaranKemampuanBerbicaraBahasa Arab SiswaKelas X MAN 1 Kota Malang

Miftah Thariq Ridho

Abstrak


ABSTRAK

 

Ridho, MiftahThariq. 2017. PenerapanMetodePembelajaranCooperative Learning: Make A MatchuntukMeningkatkanHasilPembelajaranKemampuanBerbicaraBahasa Arab SiswaKelas X MAN 1 Kota Malang. Skripsi, JurusanSastra Arab, FakultasSastra, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Kholisin, M.Hum (II) Moh. Ahsanuddin, S.Pd, M. Pd

 

Kata kunci: cooperative learning, make a match, kemampuanberbicara

Salah satu lembaga yang menjadikan bahasa Arab sebagai mata pelajarandantelahmengimplementasikanKurikulum 2013 adalah MAN 1 Kota Malang. Sebagaimana dalam kenyataannya media yang digunakan untuk peraga pembelajaran bahasa Arab terbatas sehinggapengajar hanya mengandalkan LKS yang digunakan di sekolah tersebut. Pengajarjugamenggunakanmetodeceramah, dimana guru sebagaitonggakutamabagikeberhasilandanpemahamansiswa.Namun, padasetiappertemuanmatapelajaranbahasaArab, guru memberikan PR (pekerjaanrumah) agar siswamaumengulangikembaliapa yang telahdipelajari.

Tujuanpenelitianiniadalahmeningkatkankemampuanberbicarabahasa Arab siswadenganmetodecooperative learning: make a matchdanmeningkatkanhasilbelajarbahasa Arab khususnyakemampuanberbicara.

Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas (PTK) dansubjekpenelitianiniadalahsiswakelas X MIPA 1 MAN 1 Kota Malang yang sedangmenempuh semester genap 2016/2017.Data dalampenelitianiniberupainformasitentangaktivitas guru dansiswasertahasilnilaitesawaldantesakhirdalamtiapsiklusnya.Instrumen yang digunakandalampenelitianiniberupates, lembarobservasi, angket, danpedomanwawancara. Langkah-langkah yang ditempuhpenelitiadalah: mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, danmenyimpulkanhasilpenelitian. Adapuntahap-tahappenelitianadalahperencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi.

Hasilpenelitiandaripenerapanmetodepembelajarancooperative learning: make a matchmenyebutkanbahwaadapeningkatanhasilbelajarbahasa Arab kemampuanberbicarasiswaberdasarkanhasiltespadasiklus I dan II. Hasiltespadasiklus I sebesar 69,93yang menandakanbahwahasilbelajarsiswabelummaksimaldanpadasiklus IImeningkatsebesar 82,12 yang menandakanhasilbelajarsiswasudahmemenuhistandarketuntasan minimal. Dari hasiltestersebutmakadapatdiketahuibahwahasilpembelajarankemampuanberbicarasiswadarisiklus I dan II meningkat.

 

Disarankankepada guru bahasa Arab untukmenggunakanmetodecooperative learning: make a matchsebagaisalahsatualternatifdalampembelajaranbahasa Arab khususnyakemampuanberbicara. Kepadasekolah agar berperanaktifuntukmemotivasiparapendidikdalampengembanganketerampilandankreativitasuntukmenyusunpembelajarankreatif.Kepadapenelitilain agar dijadikantambahanpengetahuanalternatifketikaterjunkelapangan.