SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN GAME SUHULAH AT-TARKIB (SUTAR) BERBASIS HTML5 DALAM PEMBELAJARAN TARKIB UNTUK KELAS 2 DI MAN 1 MALANG

Muhammad Aris

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Media pembelajaran berbasis teknologi komputer sudah banyak diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab, akan tetapi dari sekian banyak media pembelajaran, masih sedikit yang ditujukan untuk belajar dengan bermain. Game edukasi merupakan salah satu media pembelajaran yang menekankan konsep belajar dan bermain. Game edukasi ini sangat berguna untuk mengajarkan materi pelajaran yang sulit. Dalam bidang Bahasa Arab, tarkib atau kaidah Bahasa Arab merupakan meteri yang sulit dikuasai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Game Sutar (Suhulah at-Tarkib) berbasis HTML5 dalam Pembelajaran Tarkib untuk Kelas XI MAN 1 Malang dan mendeskripsikan tingkat kelayakan produk.  Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg & Gall yang kemudian diadaptasi.Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini yaitu (1) file game Sutar dan (2) panduan game Sutar. Analisis ahli media menghasilkan prosentase kelayakan 70 %, analisis ahli materi menghasilkan prosentase kelayakan 90% dan analisis angket siswa mengahsilkan prosentasi kelayakan 88,16%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran game Sutar valid dan layak diaplikasikan dalam pembelajaran tarkib dengan prosentase kelayakan 82,72%.