SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Ragam Frasa Bahasa Arab dalam Surah At-Taubah

Muchammad Alfi Chanif

Abstrak


ABSTRAK

 

Frasa bahasa Arab merupakan salah satu bagian penting dalam sintaksis bahasa Arab. Akan tetapi, frasa sangat jarang dibahas dalam sintaksis bahasa Arab modern meskipun jenisnya sangat banyak dan jarang diketahui. Oleh karena itu, Peneliti melakukan penelitian tentang ragam frasa bahasa Arab di surah At-Taubah dan ditemukan banyak ragam frasa bahasa Arab di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ragam frasa bahasa Arab dalam surah At-Taubah, jenis frasa bahasa Arab yang dominan dalam surah At-Taubah, dan perbandingan bentuk frasa bahasa Arab dalam bahasa Indonesia.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif kajian pustaka. Data dalam penelitian ini adalah ragam frassa bahasa Arab dan perbandingan bentuknya dalam bahasa Indonesia. Sumber data Penelitian ini adalah surah At-Taubah dan Al-Quran Terjemah Bahasa Indonesia yang diterjemahkan oleh Yayasan Penerjemahan Al-Quran Depag. Instrument penelitian yang digunakna adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrument lain berupa tabel. Peneliti melakukan telaah mendalam dan klasifikasi terhadap objek penelitian dalam proses pengumpulan data. Adapun pada tahap analisis data, peneliti melakukan analisis, klasifikasi, dan validasi data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) di dalam surah At-Taubah terdapat 15 jenis frasa bahasa Arab yaitu frasa idhafy, frasa na'ty, frasa ‘athfiy, frasa jarry, frasa maushuliy, frasa manfy, frasa nida'iy, frasa isyariy, frasa badaliy, frasa tanfisiy, frasa istiqbaliy, frasa tauqidiy, frasa tamyiziy, frasa bayaniy, frasa mashdariy dan jumlah keseluruhanya adalah 1082 frasa ,(2) jenis frasa bahasa Arab yang paling dominan dalam surah At-Taubah  adalah frasa jarry yang jumlah eseluruhannya adalah 394 frasa, (3) perbandingan bentuk frasa bahasa Arab dalam bahasa Indonesia dapat dibagi menjadi tiga bentuk yaitu a) Tetap yaitu ketetapan bentuk frasa bahasa Arab ketika dibandingkan dalam bahasa Indonesia. Jenis frasa yang termasuk dalam kategori ini ada 13 frasa yaitu frasa idhafiy, frasa na'ty, frasa ‘athfiy, frasa jarry, frasa maushuliy, frasa manfy, frasa nida'iy, frasa tawkidy, frasa tanfisiy, frasa istiqbaliy, frasa tamyiziy, frasa badaliy, frasa bayaniy b) Berubah yaitu perubahan bentuk frasa bahasa Arab ketika dibandingkan dalam bahasa Indonesia. Bagian ini dibagi menjadi 3 kategori. Pertama yaitu perubahan menjadi bentuk kata, kedua yaitu penambahan kata, dan ketiga yaitu perubahan menjadi bentuk klausa. Jenis frasa yang termasuk dalam kategori pertama yaitu frasa tawkidiy, frasa mashdariy, dan frasa na'ty. Jenis frasa yang termasuk dalam kategori kedua yaitu frasa na'ty, frasa maushuly, dan frasa manfy. Jenis frasa yang termasuk dalam kategori ketiga yaitu frasa istiqbaly c) Berlawanan yaitu keberlawanan tata letak unsur pembentuk frasa bahasa Arab ketika dibandingkan dalam bahasa Indonesia. Jenis frasa yang termasuk dalam kategori ini adalah frasa isyariy.

Peneliti berharap akan ada penelitian lain yang menerapkan ilmu Linguistik pada surah-surah lain atau kitab-kitab bahasa Arab lain dan memperdalam tentang pengaruh hasil penetilian tersebut terhadap bahasa Arab. Peneliti berharap agar penelitian ini bermanfaat bagi peneliti sendiri dan pelajar bahasa Arab, dan khususnya bagi para Mahasiswa Jurusan Bahasa Arab di Universitas Negeri Malang dan para pencinta bahasa Arab.