SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 3 Tulungagung

mahmud wahyudi siswanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Bahasa arab merupakan salah satu bahasa yang paling banyak dipelajari di Indonesia karena kedudukanya sebagai bahasa kitab suci Al-Qur’an. Bahasa Arab bukan hanya sebagai suatu bidang kajian, melainkan sebagai faktor sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik. MAN 3 Tulungagung merupakan salah satu lembaga pendidikan yang cukup berpengalaman dalam menghasilkan peserta didik menjadi karakter yang mumpuni dalam bidang agama maupun ilmu pengetahuan umum lainya. Dalam pembelajaran bahasa Arab perencanaan pembelajaran harus disusun dengan baik dan sistematis agar tercapainya tujuan dari pembelajaran bahasa Arab, begitupun penggunaan metode dan media yang baik dan terencana akan mampu mendukung keberhasilan dalam pembelajaran bahasa Arab.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan secara obyektif pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab beserta aspek-aspeknya yang terdiri atas: (1) perencanaan pembelajaran bahasa Arab, (2) metode pembelajaran bahasa Arab, dan (3) media pembelajaran bahasa Arab.

Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Tulungagung dengan  menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrument utama. Adapun instrument bantu yang digunakan dalam penelitian ini adalah : pedoman wawancara pedoman angket, pedoman observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Tulungagung. Langkah-langkah  analisis data meliputi : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Dalam penelitian ini untuk menguji keabsahan data digunakan teknik trianggulasi.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan sebagai berikut: Perencanaan pembelajaran yang dipersiapkan/disusun oleh guru bahasa Arab MAN 3 Tulungagung  dari program tahunan (PROTA), program semester (PROMES), rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sudah cukup memenuhi/memuat semua tujuan pembelajaran dan sistematika penyusunannya, dan untuk materi/bahan ajar sudah cukup membantu dalam memahamkan siswa dalam belajar.

Metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Tulungagung kurang bervariatif dikarenakan siswa masih belum bisa fokus terhadap apa yang diajarkan oleh guru. Begitupun dengan strategi pembelajaran yang digunakan untuk mengajar kemahiran berbahasa dirasa kurang karena masih monoton. Namun penggunaan bahasa pengantar berbahasa Arab baik diawal pembukaan jam pelajaran dan disela-sela pengajaran cukup menimbulkan efek baik bagi perkembangan pembelajaran di MAN 3 Tulungagung.

Menurut guru media pembelajaran dapat mempermudah pemahaman siswa MAN 3 Tulungagung dalam pembelajaran bahasa Arab, namun dalam hal ini media kurang mendapat perhatian khusus, guru kurang memaksimalkan media yang telah ada, serta fasilitas yang belum cukup menunjang dalam penggunaan media dan rendahnya minat guru untuk membuat/merancang media yang dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dikemukakan beberapa saran antara lain : bagi sekolah diharapkan mampu untuk mengontrol, membantu, dan menyediakan fasilitas yang memadai untuk menunjang/meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab, bagi guru diharapkan dapat menyusun perencanaaan dengan lebih rapi dan teratur, memilih  penggunaan metode/strategi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan mengoptimalkan media pembelajaran yang telah ada dan mempersiapkanya dengan lebih baik, dan memotivasi siswa untuk lebih giat dalam belajar, bagi siswa diharapkan untuk menumbuhkan rasa keingintahuan yang tinggi dalam pembelajaran bahasa Arab, dan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti unsur-unsur lain dalam pembelajaran bahasa Arab.