SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA MI KELAS IV DI MI ISLAMIYAH KEBONAGUNG POPOH SELOPURO BLITAR

yanwar hariadi putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Putra, Yanwar  Hariadi. 2017. Penggunaan Media Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa MI Kelas IV di MI Islamiyah Kebonagung Popoh Selopuro Blitar. Skripsi. Jurusan Sastra Arab. Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Sastra. Univerrsitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ali Ma’sum, S.Pd., M.A (II) Moh. Ahsanuddin, S.Pd, M.Pd

 

Kata kunci: Picture and Picture, kemampuan berbicara

Berdasarkan observasi peneliti di MI Islamiyah Kebonagung Popoh Selopuro Blitar menemukan bahwa Guru mata pelajaran bahasa Arab  belum menggunakan media pembelajaran ketika proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab rendahnya  hasil belajar siswa. Selain itu tidak digunakannya media menyebabkan siswa kurang menangkap pembelajaran dengan baik, terutama dalam kemahiran berbicara. Penyampaian pembelajaran yang hanya menggunakan verbal saja tidak dapat memberikan pemahaman yang konkrit terhadap pembelajaran bahasa Arab, hal demikian berimbas pada hasil belajar siswa yang dibawah standar KKM pelajaran bahasa Arab yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75.

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan penggunaan media pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab dan meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa dengan media Picture and Picture.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Islamiyah Kebonagung pada semester genap 2016/2017. Data dalam penelitian ini berupa informasi tentang aktivitas guru dan siswa serta hasil nilai tes awal dan tes akhir dalam tiap siklusnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, lembar observasi, angket, dan pedoman wawancara. Langkah-langkah yang ditempuh peneliti adalah: mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan hasil penelitian. Adapun tahap-tahap penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Hasil penelitian dari penerapan metode pembelajaran Picture and Picture adalah tingkat responsif siswa yang meningkat pada siklus I dan siklus II,

pada siklus I tingkat responsif siswa sebesar 68,7% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,5% sehingga siswa pun dapat menerima materi yang disampaikan guru dengan baik dan memperhatikan penjelasan guru dengan antusias.

Selain itu, ada peningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa berdasarkan hasil tes pada siklus I dan II. Hasil tes pada siklus I sebesar 67,65 dan pada siklus II sebesar 84,34. Dari hasil tes tersebut maka dapat diketahui bahwa kemampuan berbicara siswa dari siklus I dan II meningkat.

 

Disarankan kepada guru bahasa Arab untuk menggunakan metode Picture and Picture sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya kemampuan berbicara. Kepada sekolah agar berperan aktif untuk memotivasi para pendidik dalam pengembangan keterampilan dan kreativitas untuk menyusun pembelajaran kreatif. Kepada peneliti lain agar dijadikan tambahan pengetahuan alternatif ketika terjun ke lapangan.