SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Wayang Fabel sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab dalam Maharah Kalam siswa kelas X Madrasah Aliyah

Nudya Kuntum Khoirel Abidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Abidah, Nudya Kuntum Khoirel. 2017. Pengembangan Wayang Fabel sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab dalam Maharah Kalam siswa kelas X Madrasah Aliyah. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Satra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Muhaiban, (II) Dr. Achmad Tohe, P.Hd.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Wayang Fabel, Pembelajaran Maharah Kalam.

Media pembelajaran adalah salah satu komponen penting dalam proses belajar mengajar. Hal itu terbukti dengan meningkatnya tingkat pemahaman siswa dan keterampilan yang ia dapatkan melalui media pembelajaran. Media pembelajaran yang kreatif dan inovatif akan merangsang otak siswa dan menjadikan proses belajar mengajar menjadi menyenangkan, sehingga dapat membantu siswa dalam menikmati dan memahami pelajaran, serta dapat meningkatkan keterampilan siswa khususnya dalam keterampilan berbicara. Media tersebut seperti Media Wayang Fabel ini.

Tujuan khusus dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk media Kumpulan Cerita dan Wayang Fabel, dan cara penggunaannya sebagai Media Pembelajaran siswa kelas 1 Madrasah Aliyah.

Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan model pengembangan Borg dan Gall yang telah dimodifikasi dari sepuluh langkah menjadi enam langkah yaitu, (1)Analisis Kebutuhan, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan produk, (4) Validasi ahli materi dan media, (5) Revisi, (6) Uji coba Lapangan, dan menghasilkan produk akhir. Sasaran atau objek penelitian ini adalah siswa kelas X Agama Madrasah Aliyah 1 Malang yang berjumlah 34 anak. Sedangkan jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif tentang kelayakan media dan kuantitatif tentang tingkat kevalidan media. Data kualitatif yang didapat dari wawancara dan uji ahli, sedangkan data kuantitatif didapat dari hasil  penyebaran angket pada observasi dan uji lapangan.

Hasil penelitian pengembangan ini adalah berupa (1) Paket Wayang Fabel yang berjumlah enam buah dan Buku Kumpulan Cerita Fabel yang masing-masing cerita dilengkapi dengan kosa kata, soal latihan tentang teks cerita dan keterampilan berbicara dan kata-kata mutiara. (2) hasil uji validitas ahli materi menunjukkan nilai baik sekali, sedangkan uji validitas ahli media menunjukkan nilai baik sekali, hasil validitas guru menunjukkan nilai baik dan Uji Percobaan Lapangan yang menunjukkan nilai baik sekali. Hasil rata-rata uji validitas dan uji coba lapangan mencapai nilai baik sekali (3) Buku Panduan Tentang Media Pembelajaran dan Buku Panduan Penggunaannya.

 

Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini, disarankan kepada guru dan siswa pembelajar Bahasa Arab untuk memanfaatkan media ini sebagai Media Pembelajaran tambahan untuk keterampilan berbicara dengan sebaik-baiknya.