SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

- INTERTEKSTUALITAS SAJAK“FALSAFAH AL-HAYĀH” KARYA ĪLIYYĀ ABŪ MĀDHĪ DAN LAGU-LAGU YANG DIPOPULERKAN OLEH HUMŪD AL-KHUDHER

Asiefatul Fikriyyah

Abstrak


ABSTRAK

 

INTERTEKSTUALITAS SAJAK“FALSAFAH AL-HAYĀH” KARYA ĪLIYYĀ ABŪ MĀDHĪ DAN LAGU-LAGU YANG DIPOPULERKAN OLEH HUMŪD AL-KHUDHER

Fikriyyah, Asiefatul. 2017. Intertekstualitassajak“falsafah al-hayāh” karyaĪliyyāAbū Mādhīdan lagu-laguyang dipopulerkan Humūd Al-Khudher. Skripsi.Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Dr. HanikMahliatussikah, M.Hum dan (2) Achmad TohePh.DKata Kunci:Sajakfalsafah al-hayāh,Humūd Al-Khudher, intertekstualitasFalsafah al-hayāhmerupakan salah satusajakyang diciptakan olehpenyairMahjarbernamaĪliyyā Abū Mādhīpada tahun1927.Sajaktersebut berisitentanggambaran seseorang yang suka berkeluh kesah, bersedih, pesimis danselalu berprasangka buruk terhadap takdir yang menimpa dirinya.Penyairjugamenyampaikan beberapa motivasi untuk menjadi pribadi yang optimis,ceria,semangat dan senantiasa berfikiran positif.Adapunlagu-lagu yang dipopulerkanHumūdAl-Khudherdalam penelitian initerdiri atas 8 lagu yaitu:kun anta, hāanadza, la’allahu khoir, edhak, asīr ahsan, ‘ain, nafsahā,danyahlul wishāl.Lagu-lagu tersebutsangat fenomenaldi kalangan masyarakat.Halinidapatdibuktikan denganbanyaknya penonton yang telahmenyaksikanvideo clipHumūddi situsyoutube.Pesan yang terkandung dalam lagu-lagu ini adalahtentang motivasi dalam menjalani hidup agar senantiasa mendapatkankebahagiaan.Sajak dan lagu-lagu tersebutmenarik untuk diteliti dengan menggunakanteori intertekstual.Teori intertekstual ini mengkaji tentang persamaan danperbedaan serta teks hipogram dan transformasi diantara kedua karya tersebut.Adapun tujuan penelitian ini adalahmendeskripsikan(1)struktur yangmembangunsajakfalsafah al-hayāh,(2)struktur yang membangun lagu-laguyang dipopulerkanHumūdAl-Khudher, dan (3) hubungan intertekstualsajakfalsafah al-hayāhkaryaĪliyyā Abū Mādhīdanlagu-laguyang dipopulerkanHumūd Al-Khudher.Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumberdata penelitian ini adalahsajakfalsafah al-hayāhdan lagu-laguyang dipopulerkanHumūd Al-Khudher.Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri.Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara mengklasifikasikan datakemudian menyimpulkan dan menafsirkan data.Hasil penelitian ini adalahterdapat(1) persamaandatadalam tema mayor,imaji, nada, perasaan, dan amanat (2) perbedaan dalamdiksi, majas, danverifikasi,(3)pengembangan tema minor(4)sajakfalsafah al-hayāhmerupakankarya hipogram, dan (5) lagu-lagu yang dipopulerkanHumūdmerupakan karyatransformasi.Peneliti berharap bahwa penelitian ini dapat dijadikan salah satu sumberpenulisan karya ilmiah yang berhubungan dengan teori intertekstual. Sehinggapenelitian ini dapat bermanfaat bagi pecinta sastradalam berbagai versi bahasa.Peneliti juga berharap lahirnya kajian-kajian sastra lain terutama kajian viintertekstual dalamsajakdengan judul yang berbeda. Peneliti juga berharapbahwa kajian intertekstualsajakfalsafah al-hayāhkaryaĪliyyā Abū Mādhīdanlagu-laguHumūdal-khudher bisa bermanfaat bagi peneliti dan orang lainterutama mahasiswa jurusan sastra Arab UniversitasNegeri Malang