SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan game Arabic Vocabularies berbasis android untuk siswa kelas X MAN Gondanglegi Malang

Moh Hirzi Muharriki

Abstrak


ABSTRAK

 

Muharriki, Moh Hirzi. 2017. Pengembangan game Arabic Vocabularies berbasis android untuk siswa kelas X MAN Gondanglegi Malang.

Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd, (II)Moh Ahsanuddin, M.Pd.

 

Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, bahasa Arab berbasis android.

Pembelajaran bahasa Arab merupakan salah satu bagian dari kurikulum pembelajaran yang dikembangkan  di Indonesia, sejak masuk di wilayah Indonesia bahasa Arab sudah diajarkan Siswa karena memiliki keterikatan kuat dengan peribadatan masyarakat. Dengan perkembangan pembelajaran bahasa Arab sangat pesat hingga dapat masuk ke lingkungan sekolah, memungkinkan Bahasa Arab tidak hanya diajarkan di sekolah berbasis Islam saja tetapi sudah dapat disajikan di sekolah umum, mulai tingkatan dasar hingga menengah atas.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk memproduksigame Arabic vocabularies dan mendeskripsikan kelayakan game Arabic vocabularies berbasis android untuk siswa kelas X MAN Gondanglegi Malang.Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan prosedur pengembangan yang telah disusun,(1) pengumpulan data awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi ahli materi dan ahli media, (5) revisi Produk, dan (6) uji coba lapangan.

Pengembangan media pembelajaran ini menghasilkan media pembelajaran bahasa Arab berbasis Android yang berisi materi kosakata bahasa Arab yang terdiri dari enam tema pada kelas X Madrasah Aliyah yang telah ditentukan oleh Kementrian Agama RI.

Berdasarkan hasilvalidasigameArabic vocabularies oleh ahli materisebesar 75% dengan keterangan valid. dan hasil uji kevalidan oleh ahli media sebesar 96,42% dengan keterangan valid. Uji lapangan dilaksanakan di MAN Gondanglegi Malang. Hasil uji lapangan  terhadap guru mata pelajaran bahasa Arab sebesar 99,9% dengan keterangan valid. dan uji lapangan terhadap siswa 86,25%dengan keterangan valid. Jadi media Arabic vocabularies dinyatakan valid sebagai media pembelajaran kosa kata bahasa Arab di MAN Gondanglegi Malang.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru mata pelajaran bahasa Arab kelas X MAN Gondanglegi Malanguntuk memanfaatkan media Arabic vocabularies ini sebagai sarana untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Arab, Disarankan kepada siswa kelas X Madrasah Aliyah untuk menggunakan media ini sebagai bahan pembelajaran kedua setelah buku sebagai tambahan pengetahuan selain dari buku yang telah disediakan. Agar dapat menambah motivasi dan semangat siswa dalam mempelajari bahasa Arab,Dan disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk menambah animasi gambar dan efek suara yang lebih beragam.