SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Pemberian Tugas Dengan Memanfaatkan Kemampuan Motorik Halus Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Arab Siswa Tk

mufidatus sholihah

Abstrak


Pembelajaran menulis huruf Arab perlu dilaksanakan sejak anak usia dini. Hal ini dimaksudkan untuk mempersiapkan anak mengikuti pembelajaran di jenjang lanjut. Di TK Muslimat NU 16 Kota Malang, pembelajaran menulis huruf masih kurang maksimal. Siswa hanya diajak meniru contoh huruf di buku kotak yang polos. Kemampuan siswa dalam menulis huruf Arab masih kurang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penerapan metode pemberian tugas dengan memanfaatkan kemampuan motorik halus siswa pada pembelajaran menulis huruf Arab, dan (2) hasil peningkatan kemampuan siswa dalam menulis huruf Arab melalui pemberian tugas yang memanfaatkan kemampuan motorik halus.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan sumber data guru dan siswa kelas A TK Muslimat NU 16 Kota Malang. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus dengan total 5 kali pertemuan yang meliputi tahapan: (1) perencanaan, (2) tindakan, dan (3) pengamatan/observasi pada setiap pertemuan, serta (4) refleksi pada akhir setiap siklus. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif dan data hasil observasi selama tindakan penelitian berlangsung.

Dari proses analisis data tersebut, diperoleh data berupa: (1) Penerapan metode pemberian tugas pada pembelajaran menulis huruf Arab yang memanfaatkan kemampuan motorik halus pada tugas-tugas yang diberikan oleh Guru peneliti dan (2) Data peningkatan kemampuan menulis huruf Arab siswa kelas A setelah dilakukan tindakan. Data hasil pra tindakan menunjukkan kemampuan siswa dalam menulis huruf Arab masih kurang dengan persentase rata-rata 45,58%. Setelah dilakukan tindakan siklus I, kemampuan menulis huruf Arab siswa mengalami peningkatan. Data hasil tindakan siklus I  menunjukkan rata-rata 50,31%. Tindakan dilanjutkan pada siklus II karena masih terdapat kelemahan pada pelaksanaan tindakan siklus I.

Tindakan siklus II menunjukkan hasil rata-rata kemampuan menulis huruf Arab siswa mencapai 70,69%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode pemberian tugas dengan memanfaatkan kemampuan motorik halus dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf Arab siswa kelas A TK Muslimat NU 16 Kota Malang sebesar 25,11% dari pra tindakan.

Saran yang dapat disampaikan peneliti adalah diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian terkait peningkatan kemampuan menulis huruf Arab dengan menerapkan metode-metode pembelajaran yang lebih menarik dan efektif dalam pembelajaran menulis huruf Arab di TK.