SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Komik (Comics) Berbahasa Arab Sebagai Materi Pembelajaran Kalam Di MTsN Malang II

muhammad chulaimi fadjerin

Abstrak


Pengembangan media komik dilatarbelakangi oleh materi bahasa Arabyang sangat kompleks dan luas. Hal inimenyebabkan peserta didik mengalami kesulitan khususnya bagi pemula sehingga membutuhkan media pembelajaran yang tepat. Media berbasis cetak seperti buku teks tidak cukup mudah dipahami karena bersifat verbalistis. Sementara materi yang kompleks dan luas perlu disederhanakan dengan bantuan media pembelajaran yang tepat. Salah satunya melalui komik. Komik mampu menyederhanakan materi dengan gambar yang dibantu denganpercakapan sederhana. Disamping itu, komik adalah salah satu bahan bacaan yang disukai banyak kalanganyang sangat cocok dengan kemampuan daya pikirpeserta didik khusunya MTsN karena sifatnya yang menghibur.

Penelitian dan pengembangan ini, secara khusus bertujuan 1) untuk mengembangkan media komik berbahasa Arab sebagai materi kalam, 2) untuk mendeskripsikan hasil validasi media komik berbahasa Arab sebagai materi kalam, 3)untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan media komik berbahasa Arab.

Prosedur pengembangan yang digunakan mengadaptasi dan memodifikasi model pengembangan Borg and Gall (1989). Prosedur pengembangan hasil modifikasi terdiri atas 7 langkah, antara lain: 1) Penelitian (kajian pustaka, observasi dan wawancara), 2)desain media 3) pengembangan produk, 4) uji ahli materi dan media, 5) revisi produk, 6) uji coba produk, 7) produk akhir. Hasil dari uji coba lapangan dianalisis secara deskriptif melalui tahap scoring, rekapitulasi, dan persentase.

 

Hasil penelitian ini berupa komik berbahasa Arab untuk pembelajaran bahasa Arab kelas VII dengan temaperkenalantentangkeluargadanperkenalantentangsekolah. Tingkat kelayakan komikini69,5%. Jadi, media komik berbahasa Arab sebagaimateripembelajarankalam di MTsN Malang II ini dinyatakan valid ataulayakdigunakan.