SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Muhassinat Lafdziyah pada Nadzam Aqidatul Awam Karya Asy-Syaikh As-Sayyid Ahmad Al-Marzuqi Al-Maliki

Melia Faizah

Abstrak


Nadzam Aqidatul Awam karya Sayyid Ahmad Al-Marzuqi merupakan kumpulan bait yang menarik, di dalamnya terdapat pokok-pokok aqidah dalam Islam dan biografi sang kekasih Allah yakni Nabi Muhammad SAW. Nadzam ini termasuk nadzam yang menarik, di dalamnya memuat unsur - unsur dari segi ilmu balaghah khususnya ilmu badi’ dalam lafadz maupun maknanya. Oleh karena itu, peneliti berkeinginan untuk mengetahui unsur - unsur balaghah yang terdapat pada nadzam Aqidatul Awam dari segi ilmu badi’ khususnya muhassinat lafdziyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) muhassinat lafdziyah dalam nadzam Aqidatul Awam, dan (2) macam jinas dan saja’ yang terdapat padanya.

Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif kualitatif, dan sumber data pokoknya adalah bait-bait yang terdapat dalam nadzam Aqidatul Awam. Adapun instrumen penelitian hanya menggunakan analisis dari peneliti sendiri. Pengumpulan datanya dengan cara metode analitik. Analisis datanya dengan cara membatasi dan mengklasifikasi data dari macam - macam muhassinat lafdziyah yang terdapat pada nadzam, kemudian menyajikan data, menganalisis dan membahasnya. Uji keabsahan datanya dengan meninjau ulang data dan hasil analisis.

Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah ditemukan empat unsur muhassinat lafdziyah pada nadzam Aqidatul Awam yang terdiri atas 57 bait, yaitu 6 bait memuat jinas, 17 bait memuat muwazanah, 16 bait memuat saja’ dan 10 bait memuat radd al-‘ajz ‘ala ash-shadr. Jinas pada nadzam ini hanya ada satu macam, yaitu jinas ghairu tam berupa jinas al-lahiq. Begitu pula saja’ pada nadzam ini juga terdiri dari satu macam saja’ yaitu saja’ mutawazi.