SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

strategi pembelajaran bahasa arab dengan pendekatan kontekstual (CTL) di MAN 1 Malang

muhammad wildan bayhaqi

Abstrak


ABSTRAK

Bayhaqi, Muhammad Wildan.2016.Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Kontekstual (CTL) Kelas XI Bahasa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)Dr. Kholisin, M.Hum.(2)Moh. Ahsanuddin, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran bahasa Arab, pendekatan kontekstual.

 

Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga akan memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi pembelajaran, dan mencapai tujuan pembelajaran.Pendekatan CTL(Contextual Teaching and Learning) adalah suatu pendekatan yang di dalamnya terdapat tujuh prinsip yaitu: kontruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya. Tujuh prinsip tersebut digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan pengetahuan dan kemampuan untuk memecahkan berbagai masalah, baik masalah nyata maupun masalah simulasi, baik masalah yang berkaitan dengan pelajaran lain di sekolah.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pembelajaran bahasa Arab denganpendekatanCTLkelas XI Bahasadi Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang yang dijabarkan menjadi: (1) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab,(2) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa data deskriptif mengenai pelaksanaan strategi pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan CTL. Sumber data diperoleh dariobservasi dan wawancara langsung dengan guru bahasa Arab mengenai pelaksanaan strategi pembelajaran bahasa Arab. Instrumen utama dalam penenlitian ini adalah panduan observasi, panduan wawancara dan dokumentasi, sedangkanpeneliti disini sebagai instrumen yang berfungsi menetapkan fokus penelitiannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan dan pemeriksaan data dari lapangan, mereduksi data, penyajian data, sertamenyimpulkan hasil penelitian denganmenyesuaikan hasil penelitian serta teori yang sudah ada

Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut adalahstrategi pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan CTL di Madrasah Aliyah Negeri 1 Malangmeliputi pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab.Secara parsial pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan strategi CTL sudah sesuai. Namun demikian dalam pelaksanaan pembelajarannya penerapan tujuh prinsip CTL tidak dapat berjalan dengan utuh. Hal ini dikarenakan kurangnya jam pelajaran yang disediakan, dalam kurun waktu satu minggu, pembelajaran bahasa Arab hanya ada 1 kali pertemuan selama 2 jam pelajaran. Hal inilah yang menyebabkan guru merasa kurang maksimal dalam menerapkan tujuh prinsip strategi pembelajaran yang terdapat pada CTL.Faktor pendukung yang terdapat pada pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab adalah tersedianya tenaga pengajar yang berkompetensi dalam bidangnya serta beberapa fasilitas yang mendukung dan memudahkan selama proses pembelajaran. Sementara itu, faktor penghambat yang terdapat dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab adalah pada peserta didik, terdapat satu atau dua peserta didik yang masih tertinggal dalam mengikuti proses belajar bahasa Arab di kelas.