SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Flashcard dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat (Kosakata) Siswa Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyyah Sabilul Huda, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri

Iim Mujtahidin Annabhan

Abstrak


Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran karena beberapa manfaat yang dimilikinya. Sebagian dari manfaat media-media pembelajaran adalah untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang terjadi di dalam kelas. Adapun media pembelajaran yang baik adalah media pembelajaran yang mudah digunakan. Para guru dan siswa membutuhkan media-media tersebut untuk membantu mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat berbagai macam media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk mempermudah, dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang mudah penggunaannya adalah flashcard.

Flashcard adalah media yang digunakan peneliti dalam pembelajaran bahasa Arab, peneliti mengadakan penelitian di kelas 4 MI Sabilul Huda, Cengkok, Tarokan, Kediri. Adapun tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan penggunaan media flashcard dalam pembelajaran mufradat, mendeskripsikan aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran mufradat dengan menggunakan media flashcard, dan mendeskripikan hasil belajar siswa setelah flashcard diterapkan dalam pembelajaran mufradat.

Penelitian ini temasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data-data dalam penelitian ini ada dua macam yaitu data kuantitatif dan dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari pre test dan post test. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Penelitian ini dilaksansakan dalam dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Pertemuan pertama dan kedua digunakan untuk penyampaian materi, adapun pre test dan post test diadakan di luar pertemuan tiap siklus tersebut.

Hasil dari penelitian  ini menunjukkan bahwa penguasaan mufradat siswa kelas IV MISH mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran mufradat dengan media flashcard. Hasil tersebut berdasarkan data berikut : nilai rata rata siswa pada saat pre test adalah 54,13. Nilai tersebut belum mencapai KKM yang ditentukan sekolah yaitu 70. Setelah diadakan tindakan pada siklus I, diperoleh hasil nilai rata rata 76,7. Sedangkan pada siklus II nilai rata rata siswa menjadi 87,07. Peneliti menghentikan penelitiannya karena keseluruhan siswa sudah dapat melampaui nilai KKM tersebut.