SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Mufradat Berbasis Multimedia menggunakan Macromedia Flash untuk Kelas II Agama Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar

Ria Tuentisef Nurfebrianing

Abstrak


Perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan membawa dampak positif, khususnya terhadap media audiovisual yang berbasis komputer. Bahasa Arab, sebagai salah satu media pelajaran yang penting, perlu memanfaatkan inovasi teknologi tersebut untuk meningkatkan minat belajar siswa. Media macromedia flash adalah salah satu media untuk meningkatkan motivasi siswa dalam Bahasa Arab. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangankan media menggunakan macromedia flash yang digunakan untuk pembelajaran mufradat.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran mufradat berbasis multimedia menggunakan Macromedia Flash untuk matapelajaran Bahasa Arab dalam rangka meningkatkan kosakata Bahasa Arab MAN Kota Blitar kelas II Agama, dan untuk mendiskripsikan kelayakan dan keefektifikasan media pembelajaran mufradat berbasis multimedia menggunakan Macromedia Flash sebagai media pembelajaran pada matapelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan kosakata Bahasa Arab untuk MAN Kota Blitar kelas II Agama.

Prosedur pengembangan media pembelajaran mufradat yaitu: 1) identifkasi kebutuhan, 2) analisis tujuan pembelajaran, 3) pengembangan materi, 4) pengembangan alat evaluasi, 5) memproduksi, 6) tes/uji coba media, 7) validasi, 8) revisi dan penyempuraan. Dalam kegiatan ini, yang diuji dalam kegiatan ujicoba yaitu: 1) desain uji coba, 2) subyek uji coba, 3) jenis data, 4) instrument pengupulan data, 5) teknik pengumpulan data, 6) teknik analisis data, 7) revisi program. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil skor angket ahli materi, ahli media. Sedangkan hasil kuantitatif diperoleh dari tanggapan ahli materi, ahli media, hasil observasi, dan hasil wawancara. Subyek uji coba produk adalah siswa kelas II Agama 2 Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar.

Hasil penelitian ini adalah (1) media pembelajaran mufradat berbasis multimedia menggunakan Macromedia Flash dalam rangka meningkatkan pembelajaran kosakata Bahasa Arab kelas II Agama MAN Kota Blitar, (2) dari 10 aspek yang menjadi aspek penilaian, diketahui bahwa tiga aspek penilaian dikategorikan sesuai dan tujuh aspek yang dikategorikan kurang sesuai. Secara keseluruhan media pembelajaran yang merupakan produk pengembangan memiliki tingkat validitas 30%. Hal ini berarti media pembelajaran tersebut kurang valid. Akan tetapi memerlukan beberapa revisi dengan tujuan agar diperoleh hasil yang lebih baik dan memiliki kriteria valid. Oleh karena itu dilakukan beberapa revisi berdasarkan hasil-hasil revisi dan saran/masukan dari ahli materi dan ahli media, pembimbing penelitian maupun inisiatif peneliti sendiri.