SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan kartu kata dan kartu bergambar untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammadiyah 1 Malang

Fidia Listiani

Abstrak


Usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan prestasi siswa terhadap
pelajaran bahasa Arab, salah satunya adalah dengan menggunakan media. Banyak
media yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Arab di
antaranya media gambar dan kartu kata. Media cocok diterapkan dalam
pembelajaran bahasa Arab untuk siswa usia MI kelas IV-VI, karena pada usia
tersebut, siswa berfikir berdasarkan rangsangan-rangsangan kongkret dan tentang
hal-hal yang kongkret, bukan abstrak. Oleh karena itu, dalam pengajaran kosa
kata bahasa Arab untuk anak ini, penggunaan media kartu kata dan kartu
bergambar perlu dimanfaatkan.
  Adapun penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan prestasi
siswa kelas  IV dalam pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammadiyah 1 Malang
dengan menggunakan media kartu kata dan kartu bergambar, dengan rancangan
penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Sedangkan tujuan
penelitian secara khusus adalah untuk memperoleh informasi tentang: (1) prestasi
siswa dalam pembelajaran bahasa Arab sebelum digunakan kartu kata dan kartu
bergambar, (2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan kartu kata dan
kartu bergambar, dan (3) prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab sesudah
digunakan kartu kata dan kartu bergambar. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Malang yang berjumlah 35 siswa terdiri atas
18 perempuan dan 17 laki-laki. Data dikumpulkan dari nilai Pre test (nilai
pelajaran bahasa Arab semester ganjil 2007/2008 sebagai ganti tes awal), pos test,
angket, wawancara dan observasi yang kemudian dianalisis dan dilaporkan.
Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab berbasis kosakata pada masing-masing
siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama dan kedua dilaksanakan
untuk pengenalan dan drill kosakata baru, sedangkan pada pertemuan ketiga
digunakan untuk ulangan harian dan tanya jawab seputar materi yang telah
diajarkan
  Sebagaimana yang telah diamati selama proses pemberian tindakan, baik
melalui angket, observasi, wawancara dan nilai pos test dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media
kartu kata dan gambar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD
Muhammadiyah 1 Malang. Dengan kata lain, terdapat peningkatan prestasi pada
pelajaran bahasa Arab  kelas IV SD Muhammadiyah 1 Malang sesudah
menggunakan media kartu kata dan kartu bergambar. Oleh karena itu, pelajaran
bahasa Arab dengan media kartu kata dan kartu bergambar perlu ditindak lanjuti
dan dikembangkan untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.