SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Pemerolehan Kosakata Siswa Kelas V MI

Nino Indrianto

Abstrak


Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang membutuhkan kemampuan guru dalam mengelola kelas, terutama kemampuan guru dalam memanfaatkan media  yang bisa menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan sehingga dapat menarik minat dan mengaktifkan siswa untuk mengikuti pelajaran baik secara mandiri ataupun kelompok. Salah satu cara untuk menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan dalam pembelajaran adalah dengan bermain. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat menarik minat dan mengaktifkan semua siswa. Diantara media pembelajaran itu adalah media permainan ular tangga.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan ular tangga dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan pemerolehan kosakata siswa kelas V MI. Pada akhirnya media permainan ular tangga ini layak digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran bahasa Arab, khususnya untuk meningkatkan pemerolehan kosakata sehingga dapat meningkatkan ketercapaian tujuan pembelajaran bahasa Arab secara lebih efektif dan efisien.

Pengembangan media permainan ular tangga dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan pemerolehan kosakata siswa kelas V MI melalui tahapan berikut (1) analisis kebutuhan, (2) pengembangan produk, (3) uji coba produk, (4) tinjauan ahli media dan ahli materi, (5) uji coba lapangan, (6) revisi, dan (7) hasil produksi.

Hasil akhir dari kegiatan pengembangan ini adalah pengembangan media permainan ular tangga dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan pemerolehan kosakata siswa kelas V MI, yaitu berupa seperangkat permainan ular tangga yang terdiri atas (1) papan permaianan, (2) petunjuk pemanfaatan, (3) peraturan permainan, (4) dadu, (5) pion, (6) tempat dadu, (7) kartu bergambar, dan (8) contoh soal evaluasi siswa.

Hasil uji kevalidan  media permainan ular tangga oleh ahli media sebesar 85% dengan keterangan valid. Data hasil uji kevalidan  media permainan ular tangga oleh ahli materi sebesar 81,11% keterangan valid. Sedangkan data hasil uji coba kevalidan  media permainan ular tangga pada audiens atau responden sebesar 89,15% keterangan valid. Secara keseluruhan berdasarkan kriteria kelayakan produk, dapat disimpulkan bahwa media permainan ular tangga tersebut masuk dalam kriteria valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan pemerolehan kosakata siswa kelas V MI. Berdasarkan hasil perhitungan statistik uji t diperoleh nilai harga t hitung= 3,527 > 2,77 artinya t hitung>t tabel selanjutnya dilakukan penelaahan pada tabel dengan taraf signifikan 99%. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa pengujian hipotesis dengan menerapkan rumus statistik diperoleh hasil Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai akhir dengan nilai awal dalam pembelajaran dengan menggunakan media permainan ular tangga. Jadi penggunaan media permainan ular tangga cukup efektif untuk meningkatkan pemerolehan kosakata siswa kelas V MI.

            Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan kepada guru mata pelajaran bahasa Arab hendaknya produk media ular tangga yang dihasilkan ini dapat ditindak lanjuti dalam kegiatan pasca pengembangan dengan menggunakan media permaianan ular tangga dalam pembelajarana Bahasa Arab. Bagi pengembang berikutnya, diharapkan dapat melakukan uji coba dengan subjek yang lebih besar dan waktu pembelajaran yang lebih lama untuk mendapatkan tingkat keefektifan dan efisiensi yang lebih baik.