SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Negeri 5 Malang

Ernaz Siswanto

Abstrak


Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah penerapan KTSP dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Negeri 5 Malang. Penelitian dilakukan berdasarkan  kenyataan bahwa KTSP telah mulai diberlakukan di SMA Negeri 5 Malang semenjak tahun ajaran baru 2007/2008. Dalam  kurikulum yang baru tersebut terdapat muatan lokal berupa materi bahasa Arab yang baru diajarkan pada kelas satu.

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran bahasa Arab di SMA Negeri 5 Malang. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran bahasa Arab, (2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab, (3) faktor pendukung dan penghambat serta alternatif pemecahannya.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan deskriptif kualitiatif. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas X5, X6 dan X9.  Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen inti. Dan instrumen bantu yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman angket, pedoman wawancara, panduan analisis dokumen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data yang dilakukan adalah (a) identifikasi data, (b) klasifikasi dan penyaringan data, (c) penyimpulan data.  Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian dengan memeriksa keabsahan data dengan cara mendiskusikannya dengan pihak lain yang dipandang ahli.

Hasil penelitian menunjukkan adanya perencanaan pembelajaran berupa perangkat pembelajaran kurikulum dan silabus, program tahunan, program semester, dan rencana pembelajaran. Materi yang diajarkan diperoleh dari internet dengan alamat www.pba.aldakwah.org, materi dari buku teks belum digunakan. Kemahiran berbahasa yang ditekankan dalam pembelajaran adalah kemahiran berbicara (kalam), menulis (kitabah), membaca (qira’ah), dan menyimak (istima’). Berbagai metode pembelajaran digunakan untuk memotivasi siswa belajar. Media yang digunakan adalah LCD dam Laptop yang terkoneksi langsung dengan internet. Media kartu bergambar maupun flow chart belum dipergunakan.

 Evaluasi diselenggarakan pada setiap akhir unit pelajaran, bulanan, ujian tengah semester (UTS), dan ujian akhir semester (UAS). Jenis tes yang digunakan adalah tes tulis dan tes lisan, dan bentuk tes tulis yang digunakan adalah tes pillihan ganda dan essai. Sedangkan bentuk tes lisan berupa percakapan di depan kelas. Faktor pendukung pembelajaran adalah sarana dan prasarana yang memadai serta kebijakan kepala sekolah yang sangat mendukung keberadaan  pembelajaran bahasa Arab.  Faktor penghambat pembelajaran meliputi motivasi  siswa yang kurang dalam belajar bahasa Arab, karena sebagian besar siswa masih menganggap bahasa Arab adalah bahasa agama bukan bahasa komunikasi.