SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Strategi Penyampaian Isi Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Jendral Sudirman Malang

Lusi Ufiani

Abstrak


Pembelajaran bahasa Arab untuk pebelajar sekolah dasar (SD) atau madrasah ibtidaiyah (MI) lebih banyak ditekankan pada tujuan agar pebelajar tertarik dan senang bahasa Arab selain memahami bahasa Arab itu sendiri. Diharapkan dengan rasa senang ini kelak pada saat mereka harus belajar BA untuk mencapai suatu tingkat kemampuan yang diharapkan, mereka akan bisa belajar dengan lebih mudah. Dengan demikian, muncullah pertanyaan bagaimanakah cara menyampaikan bahan pelajaran kepada pebelajar secara efektif dan efesien? Untuk menjawab pertanyaan tersebut diperlukan suatu keterampilan khusus bagi seorang pembelajar untuk memilih dan menggunakan strategi penyampaian isi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, karakteristik dan kemampuan pebelajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) strategi penyampaian isi pembelajaran bahasa Arab kelas IV di MI Jendral Sudirman Malang, yang meliputi media pembelajaran yang dimanfaatkan oleh pembelajar, interaksi pebelajar dengan media, dan bentuk belajar-mengajar yang digunakan, dan (2) faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi penyampaian isi pembelajaran bahasa Arab kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Jendral Sudirman Malang.

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Jendral Sudirman Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah aktifitas yang dilakukan pembelajar dalam proses belajar mengajar bahasa Arab. Adapun subyek penelitian adalah pembelajar bahasa Arab kelas IV MI Jendral Sudirman. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, angket (kuisioner), pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Tehnik pengumpulan data penelitian ini adalah pengisian angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya dilakukan dengan cara: (1) mengidentifikasi, (2) mengklasifikasi, (3) menyaring, dan (4) menyimpulkan data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan strategi penyampaian isi pembelajaran bahasa Arab kelas IV di MI Jendral Sudirman Malang adalah: (a) pembelajar bahasa Arab kelas IV di MI Jendral Sudirman menggunakan media audio berupa ungkapan verbal pembelajar dan lagu, media visual berupa papan tulis, buku paket, buku tugas dan buku catatan, media audiovisual berupa orang (model), adapun media tape recorder, televisi dan laboratorium belum dimanfaatkan oleh pembelajar karena banyaknya jam mengajar pembelajar, sehingga pembelajar tidak mempunyai persiapan dalam mengajar, (b) pembelajar menggunakan metode eklektik dengan teknik ceramah/penyampaian secara verbal, tanya-jawab, dramatisasi dan penugasan. Penggunaan teknik-teknik tersebut diterapkan secara bervariasi dan bergantian serta disesuaikan dengan materi dan media pembelajaran yang digunakan, pola interaksi yang diterapkan pembelajar adalah pola pembelajaran dengan alat bantu audio ataupun visual untuk membantu kegiatan pembelajaran dan pola ini disebut dengan pembelajaran dengan media, (c) bentuk belajar-mengajar yang diterapkan adalah klasikal, kelompok dan individual, dan 2) faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi penyampaian isi pembelajaran bahasa Arab kelas IV di MI Jendral Sudirman adalah kurangnya kemampuan pebelajar dalam menulis huruf Arab, pengalaman mengajar pembelajar, fasilitas yang tersedia (PSB), tujuan pembelajaran bahasa Arab, situasi pembelajaran didalam kelas dan kurangnya motivasi orang tua pebelajar terhadap pembelajaran bahasa Arab.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan: (1) dalam penyajian materi dengan menggunakan media lagu, pembelajar diharapkan mampu menghindari teknik menerjemahkan langsung ke dalam bahasa Indonesia, sehingga pebelajar tidak hanya belajar kosa kata tak bermakna karena tidak kontekstual, tetapi bernyanyi sekaligus belajar menggunakan kosa kata dalam suatu konteks kalimat dan dapat didemonstrasikan secara langsung, dan mengenai jenis irama lagu pembelajar dapat memanfaatkan irama lagu-lagu anak berbahasa Indonesia dengan memodifikasi isi lagunya atau memfaatkan lagu-lagu anak berbahasa Indonesia yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab, (2) alangkah baiknya jika karakter pembelajar yang cukup sempurna dilengkapi pula dengan persiapan mengajar yang lebih matang dalam kegiatan pembelajaran BA, (3) pembelajar diharapkan mampu menggunakan media yang bervariasi dan memanfaatkan pola interaksi pembelajaran bermedia, dan meningkatkan kerja sama dengan kepala sekolah untuk mengatasi kesulitan-kesulitan pembelajar dalam pembelajaran bahasa Arab, baik mengenai kemampuan pebelajar maupun kurangnya perhatian orang tua pebelajar terhadap pembelajaran bahasa Arab, (4) Penelitian ini dapat dilanjutkan oleh peneliti lain dengan cara memperluas aspek kajian tentang strategi pembelajaran seperti strategi pengorganisasian (organization strategy) isi bidang studi atau strategi pengelolaan (management strategy) interaksi antara pebelajar dengan variabel pembelajaran, yakni variabel strategi pengorganisasian dan penyampaian isi pembelajaran yang lebih mendalam dengan sumber data, wilayah penelitian maupun jenjang penelitian yang berbeda.