SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Kooperatif terhadap Prestasi Bahasa Arab Siswa MTs Al-Maarif Singosari Malang

Heny Fitriana Irawati

Abstrak


Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru bidang studi bahasa Arab
pada tanggal 4 November 2006 di MTs AI-Maarif Singosari Malang diperoleh informasi
bahwa pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab masih bersifat
konvensional yaitu dengan ceramah dan tanya jawab. Siswa kurang banyak terlibat dalam
pembelajaran dan sebagian besar siswa tampak tidak berkonsentrasi dalam belajar, baik
karena mengantuk, melamun, mengobrol dengan teman sebangkunya atau bahkan ada yang
tidur dalam kelas. Untuk mengatasi kondisi itu diperlukan strategi pembelajaran alternatif
yang lebih banyak melibatkan aktivitas siswa. Salah satu strategi alternatif tersebut adalah
strategi pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menggunakan pembelajaran kooperatif model
STAD dengan sedikit modifikasi dengan maksud untuk lebih meningkatkan prestasi belajar
siswa.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan secara objektif (1) prestasi belajar
bahasa Arab siswa sebelum dilakukan pembelajaran kooperatif di MTs Al-Maarif Singosari
Malang, (2) rekaman kegiatan belajar bahasa Arab siswa dengan menggunakan pembelajaran
kooperatif, dan (3) pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif terhadap prestasi belajar bahasa
Arab.
Adapun rancangan yang digunakan dalam penetitian ini adalah rancangan penelitian
deskriptif kualitatif. Data peningkatan aktivitas belajar bahasa Arab siswa melalui pembelajaran
kooperatif dalam penelitian ini diperoleh melalui proses belajar mengajar di kelas. Teknik
pengumpulan data adalah dokumentasi, tes, wawancara dan observasi. Subjek penelitian adalah
siswa kelas 1D dengan jumlah 37 siswa. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan cara (1)
membandingkan rata-rata skor tes sebelum tindakan dengan rata-rata skor tes setelah tindakan
pada siklus 1, (2) membandingkan rata-rata skor tes setelah tindakan pada siklus 1 dengan rata-
rata skor tes pada siklus 2 
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata. Nilai rata-rata siswa
sebelum perlakuan adalah sebesar 63,59, dan setelah perlakuan pembelajaran kooperatif siklus 1
nilai rata-ratanya meningkat menjadi 64,58. Dan terjadi peningkatan nilai rata-rata secara
signifikan setelah perlakuan pembelajaran kooperatif siklus 2 sebesar 80, 17.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar bahasa Arab siswa MTs Al-
Maarif Singosari Malang sebelum perlakuan pembelajaran koperatif nilai rata-ratanya sebesar
63,59, (3) prestasi belajar bahasa Arab meningkat setelah diberikan perlakuan pembelajaran
kooperatif dengan nilai rata-rata sebesar 80,17 , dan (4) pembelajaran kooperatif berpengaruh
terhadap peningkatan prestasi belajar bahasa Arab yang signifikan, yang ditunjukkan dengan
persentase kenaikan sebesar 10,75%.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru bahasa Arab hendaknya
menerapkan pembelajaran kooperatif untuk pokok bahasan yang dianggap sesuai. Selain itu untuk
peneliti yang akan datang menerapkan model-model pembelajaran kooperatif yang lainnya pada
pokok bahasan dan sekolah yang berbeda.