SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Stimulus Guru dan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MAN 3 Malang

Rifda Kurnia Islami

Abstrak


 Stimulus dalam pembelajaran merupakan suatu rangsangan yang diberikan kepada siswa agar dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Stimulus dalam penelitian ini dilakukan di MAN 3 Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) bentuk-bentuk stimulus yang diberikan guru kepada siswa dalam pembelajaran, (2) bentuk-bentuk respon yang ditampilkan siswa setelah adanya stimulus.

Penelitian ini dilakukan di MAN 3 Malang, dengan menggunakan rancangan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Arab kelas 3 Bahasa dan siswa kelas 3 Bahasa MAN 3 Malang. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen dan instrumen bantu yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman obervasi, pedoman wawancara, angket, dan panduan analisis dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data meliputi: (a) identifikasi data, (b) klasifikasi dan penyaringan data, dan (c) penyimpulan data. Dalam penelitian ini, untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jenis Stimulus berdasarkan Teori Skinner’s Operant Conditioning antara lain (1) Modifikasi Tingkah Laku Guru, (2) Positive Reinforcement, (3) Negative Reinforcement, (4) Hukuman, (5) Primary Reinforcement, (6) Secondary or Learned Reinforcement. Dan berdasarkan jenis-jenis stimulus tersebut dapat disebutkan beberapa bentuk stimulus yang diberikan guru dalam pembelajaran diantaranya (1) penggunaan variasi metode dan strategi dalam belajar melalui media, tehnik bermain, materi dan buku penunjang, (2) pemberian nilai, (3) pemberian hukuman, (4) pemberian hadiah, dan (5) pemberian pujian atau penghargaan. Adapun Respon yang ditampilkan siswa dalam kelas antara lain (1) Respon Perseptual, (2) Respon Emosional, dan (3) Respon Behavior.

Berdasarkan penelitian ini, maka dikemukakan beberapa saran yaitu (1) bagi sekolah, disarankan agar menerapkan stimulus yang diberikan akan diberikan oleh guru kepada siswa dalam pembelajaran, (2) bagi guru, agar lebih meningkatkan dan mengembangkan stimulus yang akan diberikan kepada siswa, (3) bagi siswa, diharapkan dapat meningkatkan prestasinya dan aktif dalam KBM, dan (4) bagi peneliti berikutnya, diharap mengadakan penelitian lanjutan yang meneliti tentang Stimulus Guru dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab.