SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Morfem Bebas dan Morfem Terikat Kata Kerja Bahasa Arab

Istiqomah Istiqomah

Abstrak


<!-- /* Font Definitions */ @font-face {font-family:"Traditional Arabic"; mso-font-alt:"Times New Roman"; mso-font-charset:178; mso-generic-font-family:auto; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:24577 0 0 0 64 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:""; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} @page Section1 {size:8.5in 11.0in; margin:1.0in 1.25in 1.0in 1.25in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} -->

Setiap bahasa memiliki  sistem yang arbitrer (semena-mena), maksudnya aturan yang ada pada setiap bahasa itu tidak berdasarkan pada logika dan hasil musyawarah. Sebagai contoh dalam BA, tidak ada alasan logis mengapa fa’il harus marfu’ dan maf’ul bih harus manshub. Menurut sistem morfologinya, bahasa-bahasa di dunia dibagi dalam tiga golongan, yaitu (1) bahasa isolasi, (2) bahasa aglutinasi, (3) bahasa fleksi. Bahasa Arab termasuk bahasa fleksi. Hal ini disebabkan bahasa Arab memiliki sistem morfologi yang sangat komplek dan juga satu kata bahasa Arab bisa memiliki sejumlah satuan arti. Selain itu, dalam pembentukan kata bahasa Arab pasti ada perubahan vokal yang mengikuti pembentukan kata tersebut. Hal ini jarang sekali ditemukan pada bahasa lain.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan morfem bebas dan morfem terikat yang terdapat dalam kata kerja bahasa Arab. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumenter, karena data yang diambil bersumber dari tulisan. Langkah-langkah yang dilakukan adalah membaca dengan teliti sumber data berupa buku الأمثلة التصريفية; menandai data dan memasukkannya ke dalam instrumen pemandu berdasarkan klasifikasi data yang terdapat dalam instrumen pemandu; mengklasifikan morfem bebas dan morfem terikat yang terdapat dalam kata kerja kala lampau, kala kini atau nanti, dan kata kerja perintah.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa morfem bebas yang terdapat dalam kata kerja kala lampau, kala kini atau nanti  serta kata kerja perintah adalah morfem dasar dari kata kerja tersebut. Morfem dasar ini berasal dari morfem akarnya. Morfem akarnya yaitu{ف-ع-ل}untuk fi’il tsulatsi dan{ ف-ع-ل-ل}untuk fi’il ruba’i. Sedangkan morfem dasarnya yaitu morfem akar tersebut dengan ditambah vokal. Secara umum morfem terikat yang terdapat dalam kata kerja kala lampau, kala kini atau nanti serta kata kerja perintah ada beberapa yang sama. Salah satu diantaranya adalah huruf tambahan yang terkumpul dalam kata  أويسا هل تنم (أ، و، ي، س، ا، هـ، ل، ت، ن، م ). Huruf-huruf  tambahan ini biasanya berperan sebagai afiks dalam kata kerja-kata kerja tersebut. Tetapi dari sekian huruf  tadi, hanya sebagian saja yang biasanya menjadi afiks dalam kata kerja bahasa arab yaitu أ، س، ت، ن، و، ا،ي.

Selain morfem yang berfungsi sebagai afiks dalam proses morfologis di atas, dalam kata kerja kala lampau juga terdapat beberapa morfem terikat yang lain. Morfem terikat  tersebut adalah: (1) morfem pronomina persona, (2) morfem pembentuk kata kerja pasif. Dalam kata kerja kala kini atau nanti selain morfem yang berfungsi sebagai afiks, juga terdapat beberapa morfem terikat yang yang lain. Morfem terikat tersebut adalah: (1) morfem pembentuk kata kerja kala kini atau nanti, (2) morfem pembentuk kata kerja pasif, (3) morfem pronomina persona. Morfem terikat yang terdapat dalam kata kerja perintah juga ada beberapa macam. Morfem terikat tersebut adalah: (1) morfem pembentuk kata kerja perintah, (2) morfem pronomina persona.

Berdasarkan pada hasil penilitian di atas, maka disarankan beberapa masukan kepada: peniliti kebahasaan diharapkan mengadakan penelitian lanjutan mengenai morfologi bahasa Arab dipandang dari segi linguistiknya. Selanjutnya untuk pembelajar bahasa Arab diharapkan hasil penelitian ini bisa dijadikan bahan referensi dalam penyelesaian tugas-tugas kuliah, khususnya mata kuliah yang berhubungan dengan morfologi.