SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengelolaan Self-Access Center sebagai Sarana Belajar Mandiri Bahasa Arab di Jurusan Sastra Arab UM

Eva Arianti

Abstrak


Keberhasilan dalam melaksanakan program pendidikan tidak hanya bergantung pada program pendidikan itu sendiri atau penyediaan fasilitas lainnya, tetapi juga ditentukan oleh bagaimana fasilitas-fasilitas yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal.

Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan manajemen yaitu kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan. Keterampilan tersebut meliputi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengkoordinasian (coordinating), pengarahan (directing), pengawasan (controlling), dan penilaian (evaluating).

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengelolaan ruangan Self-Access Center (SAC) JSA, (2) pengelolaan sumber daya manusia Self-Access Center (SAC) JSA, (3) pengelolaan Perpustakaan Self-Access Center (SAC) JSA, (4) pengelolaan multimedia Self-Access Center (SAC) JSA.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu dimaksudkan untuk menemukan jawaban terhadap masalah yang diteliti dengan menggunakan rancangan kualitatif yang sesuai dengan masalah dan jenis data yang diperlukan. Prosedur yang ditempuh untuk memperoleh data adalah dengan menggunakan instrument penelitian, yang berupa wawancara, observasi, dan telaah dokumen.

Dalam penelitian ini, analisa data dilakukan dengan langkah-langkah yaitu: (1) identifikasi data, (2) klasifikasi data, (3) penyaringan data, (4) dan penyimpulan. Dari hasil analisis data tersebut dihasilkan bahwa SAC JSA memerlukan sub-sub ruang untuk setiap kemahiran berbahasa Arab yaitu untuk memisahkan setiap kegiatan yang ada di SAC, yaitu sub ruang untuk membaca, sub ruang untuk mendengar, dan sub ruang untuk melihat-mendengar. Sumber daya manusia yaitu pengelola SAC perlu meningkatkan kemampuan berbahasa Arab secara lisan dan keterampilan teknis operasional multimedia. Perpustakaan SAC, JSA perlu menyediakan bahan pustaka yang tidak terdapat di perpustakaan. Sedangkan untuk multimedia SAC perlu ruang tersendiri yang terpisah dari SAC lainnya.

Menurut peneliti Jurusan Sastra Arab perlu meningkatkan pengelolaan SAC yang meliputi pengelolaan ruangan SAC yaitu dengan sub-sub ruangnya, pengelolaan sumber daya manusia yaitu untuk lebih mendisiplinkan dosen yang bertugas di SAC dan personalia pengelola SAC, pengelolaan perpustakaan SAC yaitu kelengkapan bahan pustaka penunjang perkuliahan, dan pengelolaan multimedia SAC yaitu membutuhkan ruang khusus untuk ruang multimedia. Hal tersebut perlu dilakukan agar tujuan penciptaan lingkungan ke-Araban untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab mahasiswa Jurusan Sastra Arab bisa tercapai.