SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Self-Access Center SAC oleh Mahasiswa Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang JSA FS UM

Wulan Annisa

Abstrak


Self Access Center (SAC) adalah pusat untuk mengakses berbagai
pengetahuan secara mandiri tanpa bimbingan guru. Salah satu lembaga yang
meneydiakan SAC dalam program pendidikannya yaitu Jurusan Sastra Arab
Universitas Negeri Malang. Keberhasilan dalam melaksanakan program
pendidikan tidak hanya bergantung pada program pendidikan itu sendiri atau
penyediaan fasilitas lainnya, tetapi juga ditentukan oleh bagaimana fasilitas-
fasilitas yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal.
Tujuan utama penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan latar belakang
pendirian SAC, (2) mendeskripsikan fasilitas yang dimiliki SAC, (3) pemanfaatan
perpustakaan SAC oleh mahasiswa JSA FS UM, (4) mendeskripsikan
pemanfaatan audio-visual SAC oleh mahasiswa JSA FS UM, (5) mendeskripsikan
pemanfaatan komputer-internet oleh mahasiswa JSA FS UM.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, dengan lokasi
penelitian di SAC Jurusan Sastra Arab UM. Subjek penelitian adalah mahasiswa
Jurusan Sastra Arab UM. Responden penelitian adalah 30 mahasiswa angkatan
2004, 2005 dan 2006. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan
instrument penelitian, yang berupa, angket, wawancara, observasi, dan telaah
dokumen. Analisa data kuantitatif menggunakan teknik prosentase data.
Dari hasil analisis data tersebut menunjukkan; (1) SAC didirikan untuk
memenuhi kebutuhan pembelajaran bahasa Arab secara mandiri, baik bahasa
Arab yang bersifat global maupun secara terperinci. SAC berupa ruangan
perpustakaan dan multimedia yang dilengkapi dengan studio mini, parabola dan
internet. Dengan SAC mahasiswa dapat belajar sendiri di luar jam perkuliahan.
Tujuan didirikannya SAC adalah untuk menciptakan bi’ah arabiyah (lingkungan
ke-Araban) yaitu merupakan lingkungan kehidupan pembelajar yang dipenuhi
dengan pajanan-pajanan berbahasa Arab, baik berupa pajanan tertulis maupun
lisan, (2) ruang yang digunakan oleh SAC  Jurusan Sastra Arab UM terdiri dari 3
(tiga) ruang, yaitu: Salah satu ruang yang digunakan untuk ruang SAC terletak di
gedung E6 106. Ruangan tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas peralatan
multimedia dan berbagai media pembelajaran.  Disamping sebagai salah satu
ruang SAC, ruang ini juga digunakan untuk ruang kuliah bagi mahasiswa Jurusan
Sastra Arab. Selain itu, ruang SAC terletak di ruang dosen JSA di gedung E7
tepat di sebelah ruang kuliah SAC Jurusan Sastra Arab UM. dapat diketahui
bahwa di samping sebagai ruang dosen dan ruang SAC, ruangan ini juga
digunakan sebagai ruang kuliah istima’ bagi mahasiswa Jurusan Sastra Arab
karena peralatan yang terdapat di dalamnya (3) tentang pemanfaatan perpustakaan   ii
SAC oleh mahasiswa JSA UM yaitu, dengan bentuk mencari literature (33,34%),
membaca (10%), dan rujukan perkuliahan dan membaca (56,67%). Sedangkan
hambatan yang dihadapi yaitu, tempat yang kurang nyaman (16,67%), buku yang
dicari tidak ada (13,34%), buku tidak bisa dibawa pulang (6,67%), terbatasnya
waktu (6,67%), kesulitan dalam mencari buku(3,34%), malas (3,34%), dan
kesulitan memahami buku 3,34%, (4) pemanfaatan audio-visual SAC JSA oleh
mahasiswa yaitu kegiatannya mahasiswa memanfaatkan fasilitas audio-visual
SAC dengan, menonton VCD (70%), menonton TV (36,67%), dan mendengarkan
musik (10 %). Sedangkan hambatan-hambatan yang dihadapi, yaitu tidak tahu
cara penggunaanya (56,67%),  kurangnya waktu yang tersedia (20%), dan video-
VCD-CD yang dibutuhkan tidak tersedia (6,67%), (5) pemanfaatan komputer
internet SAC  yang dilakukan oleh mahasiswa dalam memanfaatkan fasilitas
komputer-internet SAC yaitu, mengetik tugas perkuliahan (50%), browsing di
internet (26,67% ). Sedangkan hal-hal yang menghambat mahasiswa untuk tidak
memanfaatkan komputer-internet yang ada di SAC adalah komputer yang ada
terbatas (26,67%),akses internetnya lambat (23,33%), komputer sering
bermasalah (10%), dan mahal (6,67%)
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan beberapa saran
kepada Jurusan Sastra Arab untuk lebih memperhatikan kebutuhan mahasiswa
khususnya dalam pemanfaatan perpustakaan SAC JSA UM, audio-visual SAC
JSA UM, dan komputer-internet SAC JSA UM, sehingga tujuan SAC sebagai
sumber belajar yang mandiri bisa dimanfaatkan secara maksimal yang meliputi:
(1) pemanfaatan perpustakaan SAC JSA UM, hendaknya menambah jumlah
buku-buku yang ada, dan menyediakan buku asli (bukan fotokopi), (2)
pemanfaatan audio-visual SAC JSA UM, hendaknya memberikan pelatihan bagi
mahasiswa JSA UM berkaitan dengan pengoperasian alat-alat audio-visual, dan
tidak meletakkan alat-alat audio-visual di ruang yang sering dipakai untuk
perkuliahan, dan (3) pemanfaatan komputer-internet SAC JSA UM, hendaknya
menambah kecepatan akses internet, dan memperbaiki sistem program komputer,
sehingga semua komputer yang ada bisa dimanfaatkan. Hal tersebut perlu
dilakukan agar tujuan penciptaan Self Access Center (SAC) JSA UM sebagai
Central of knowledge bisa maksimal.