SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MAN Malang I

Abidah Laily Nishfiyah

Abstrak


Pembelajaran kooperatif  merupakan pendekatan pengajaran melalui penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan belajar. Pembelajaran kooperatif menempatkan guru sebagai sumber informasi dan sumber belajar yang utama. Sumber belajar bagi siswa bukan hanya guru dan buku ajar tetapi sesama siswa. Sejalan dengan pesatnya kemajuan di bidang pendidikan, guru dituntut untuk menemukan suatu cara yang dapat mengoptimalkan tercapainya tujuan pembelajaran dan mendukung siswa agar lebih aktif dalam mengkontruksi pengetahuannya. Untuk menerapkan pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan penguasaan konsep, kreatifitas, keaktifan, dan semangat belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif  yang menekankan pada aspek interaksi siswa dan guru.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan kontekstual di kelas III Bahasa MAN Malang I. penelitian ini berlangsung selama empat kali pertemuan. Secara rinci rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana strategi guru selama pembelajaran Bahasa Arab, (2) bagaimana aktivitas siswa selama pembelajaran Bahasa Arab, (3) bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran Bahasa Arab, (4) bagaimana hasil belajar siswa selama pembelajaran bahasa Arab. .

Rancangan penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seorang guru Bahasa Arab dan 27 siswa kelas III Bahasa. Sumber data penelitian ini adalah kegiatan guru mata pelajaran bahasa Arab dan siswa kelas III Bahasa. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri mengamati kegiatan guru dan siswa dalam KBM secara langsung. Untuk memperoleh data penelitian ini, peneliti menggunakan alat bantu instrumen yaitu (1) lembar observasi untuk memperoleh data hasil strategi guru dalam mengelola pembelajaran, dan data hasil aktivitas siswa selama pembelajaran Bahasa Arab, (2) Pengisian lembar angket untuk memperoleh data hasil respon siswa, dan (3) Tes untuk memperoleh data hasil belajar siswa setelah pembelajaran.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi guru dalam mengelola pembelajaran secara umum tergolong baik, (2) aktivitas siswa selama pembelajaran dikategorikan aktif, karena persentase aktivitas siswa  lebih besar daripada persentase aktivitas siswa pasif, (3) respon siswa selama pembelajaran  dikategorikan positif, (4) hasil belajar siswa selama pembelajaran adalah 24 siswa yang tuntas (mencapai daya serap minimal 65 %) dan 3 siswa yang tidak tuntas (mencapai daya serap 65 %), sehingga ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh berdasarkan kurikulum 1994 disimpulkan telah tercapai.

            Berdasarkan kesimpulan di atas, secara keseluruhan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran bahasa Arab di  MAN Malang I adalah baik. Oleh karena itu disarankan agar dilakukan peningkatan dan pengembangan lebih lanjut agar hasilnya lebih maksimal. Serta diperlukan penelitian yang serupa dengan menggunakan rancangan eksperimental sungguhan untuk memperkuat akurasi hasil penelitian ini.