SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Bahasa Arab pada Kelas Akselerasi di MAN 3 Malang

Fitria Agustina

Abstrak


<!-- /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:""; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-font-family:"Times New Roman";} @page Section1 {size:8.5in 11.0in; margin:1.0in 1.25in 1.0in 1.25in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} -->

Kelas akselerasi merupakan kelas percepatan yang seharusnya pembelajaran ditempuh dalam waktu 3 tahun menjadi 2 tahun. Kelas akselerasi ini telah diujicobakan di MAN 3 Malang. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran bahasa Arab pada kelas akselerasi. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran bahasa Arab, (2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab, dan (3) hasil belajar bahasa Arab siswa kelas akselerasi.

Penelitian ini dilakukan di kelas akselerasi MAN 3 Malang, dengan menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Arab kelas 2 akselerasi dan siswa kelas 2 akselerasi MAN 3 Malang. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen dan instrumen bantu yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman obervasi, pedoman wawancara, angket, dan panduan analisis dokumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data meliputi: (a) identifikasi data, (b) klasifikasi dan penyaringan data, dan (c) penyimpulan data. Dalam penelitian ini, untuk menguji keabsahan data digunakan teknik triangulasi.

Hasil penelitian terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa pada kelas akselerasi di MAN 3 Malang. Perencanaan pembelajaran yang digunakan pada kelas akselerasi MAN 3 Malang meliputi program tahunan, program semester, dan rencana pembelajaran. (1) Komponen yang terdapat dalam program tahunan adalah (a) identitas pelajaran, (b) nomor urut, (c) jenjang atau semester, (d) pokok bahasan, (e) alokasi waktu, dan (f) tanda tangan kepala sekolah dan guru mata pelajaran. (2) Komponen yang terdapat dalam program semester adalah (a) identitas pelajaran, (b) nomor urut, (c) pokok bahasan/sub pokok bahasan, (d) alokasi waktu, (e) waktu/bulan, dan (f) tanda tangan kepala sekolah dan guru mata pelajaran. (3) Komponen dalam rencana pembelajaran meliputi (a) identitas pelajaran, (b) materi pokok, (c) alokasi waktu, (d) standar kompetensi, (e) kompetensi dasar, (f) indikator keberhasilan belajar, (g) kegiatan/langkah-langkah pembelajaran, (h) alat dan sumber belajar, (i) penilaian, dan (j) tanda tangan kepala sekolah dan guru mata pelajaran.

Pelaksanaan pembelajaran pada kelas akselerasi di MAN 3 Malang adalah sebagai berikut. (1) Materi pembelajaran meliputi: (a) buku teks yang digunakan adalah “تعليم اللغة العربية -Pelajaran Bahasa Arab" Untuk Kelas Dua Madrasah Aliyah, karangan DR. D. Hidayat yang diterbitkan oleh PT. Karya Toha Putra tahun 2002, (b) buku penunjang mata pelajaran bahasa Arab yang digunakan adalah “Panduan LKS HIKMAH”, karangan Team Forum Guru Bina PAI Madrasah Aliyah dan diterbitkan oleh CV. Akik Pustaka-Sragen, tahun terbit 2004, dan (c) kemahiran berbahasa yang dicapai dalam pembelajaran adalah membaca (qira’ah), menulis (insya’/kitabah), mendengar (istima’), berbicara (hiwar/kalam), dan tata bahasa (qawa’id). (2) Metode pembelajaran pada kelas akselerasi di MAN 3 Malang meliputi: (a) dalam proses belajar mengajar, siswa aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru, (b) guru menggunakan metode komunikatif dan metode ekletik (gabungan) yaitu metode membaca dan metode gramatikal dan selama proses belajar mengajar guru menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar, dan (c) guru menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran. (3) Media pembelajaran pada kelas akselerasi di MAN 3 Malang meliputi: (a) jenis media yang disediakan di MAN 3 Malang adalah gambar, media dengar (tape, recorder, radio), benda asli, media pandang dengar (TV, video), benda tiruan, laboratorium bahasa, dan bagan (skema), (b) media yang pernah digunakan guru akselerasi MAN 3 Malang adalah media pandang dengar (video), dan (c) frekuensi dalam penggunaan media pembelajaran guru bahasa Arab kelas akselerasi MAN 3 Malang yaitu tidak setiap pertemuan guru bahasa Arab kelas 2 akselerasi menggunakan media. (4) Evaluasi pembelajaran pada kelas akselerasi di MAN 3 Malang meliputi (a) evaluasi diselenggarakan pada Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS) dan setiap akhir unit pelajaran, (b) jenis tes yang digunakan adalah tes lisan dan tes tulis, dan (c) bentuk tes tulis yang digunakan adalah pilihan ganda, dan esai (uraian).    

Hasil belajar siswa pada kelas akselerasi di MAN 3 Malang meliputi (a) hasil belajar siswa kelas akselerasi diambil dari nilai Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester, absensi, tugas, dan keaktifan di kelas, (b) aspek yang dijadikan standar penilaian mata pelajaran bahasa Arab pada kelas akselerasi yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotik, dan (c) aspek kognitif siswa kelas akselerasi MAN 3 Malang termasuk kategori mumtaz (istimewa), aspek psikomotorik siswa kelas akselerasi MAN 3 Malang tergolong kategori jayid jiddan (baik sekali), sedangkan aspek afektif kelas akselerasi MAN 3 Malang tergolong A (baik sekali).  

Berdasarkan penelitian ini, maka dikemukakan beberapa saran yaitu (1) bagi sekolah, diharap meninjau ulang pedoman penyelenggaraan kelas akselerasi di MAN 3 Malang untuk diusulkan ke Kanwil Jawa Timur agar diproses lebih lanjut, (2) bagi guru, diharapkan dapat memanfaatkan media pembelajaran yang disediakan dari sekolah secara maksimal, (3) bagi siswa, diharapkan dapat mempertahankan prestasi yang telah diraihnya, dan tetap aktif dalam proses belajar mengajar, dan (4) bagi pembaca, diharap mengadakan penelitian lanjutan yang meneliti tentang pembelajaran bahasa Arab pada kelas akselerasi yang kurikulumnya sudah menggunakan KBK, dan penelitian lanjutan tentang penguasaan empat kemahiran berbahasa dalam mata pelajaran bahasa Arab yang dimiliki siswa kelas akselerasi. Penelitian selanjutnya juga dapat dilakukan dalam hal bentuk silabus bahasa Arab atau modul mata pelajaran bahasa Arab untuk kelas akselerasi, dan penelitian tentang hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas akselerasi.