SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Lagu sebagai Media Pembelajaran Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak di Madrasah Ibtidaiyyah Perwanida Blitar

Nailil Muna

Abstrak


Penggunaan nyanyian/lagu dalam pembelajaran ALA dapat dibedakan antara bernyanyi sambil belajar dan belajar sambil bernyanyi. Pada konsep pertama, nyanyian digunakan sebagai penunjang pengajaran bahasa Arab secara umum, termasuk untuk pengayaan dan motivasi. Sedang pada konsep yang kedua, nyanyian digunakan sebagai penunjang pengajaran secara spesifik karena isi nyanyian merujuk pada materi pelajaran. Penggunaan lagu dalam pembelajaran mufradat dapat menghilangkan kejenuhan belajar, menciptakan suasana santai, dan dapat memberikan kesenangan kepada pembelajar. Dalam segi akademik, penggunaan lagu dalam kegiatan belajar bahasa sebagai media dalam pembelajaran ALA dapat meningkatkan penguasaan mufradat atau menambah perbendaharaan mufradat, makna kata, kemampuan apresiasi, dan meningkatkan pemahaman akan nilai-nilai perasaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan lagu sebagai media pembelajaran mufradat melalui: kegiatan (1) diskusi dan tanya jawab, (2) menulis parafrase lagu, (3) menceritakan kembali isi lagu, (4) merespon parafrase teks lagu yang dilisankan dalam pembelajaran ALA di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Perwanida Blitar.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Lokasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah MI Perwanida Blitar Jalan Sultan Agung 92 Blitar. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumenter. Adapun instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan instrumen bantu berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi.

Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kegiatan diskusi dan tanya jawab ini diawali dengan penyajian teks lagu terpilih kepada siswa.  Siswa mendiskusikan kosakata sulit terkait dengan teks lagu terpilih, kemudian menanyakan kosakata sulit tersebut kepada guru dalam bentuk kegiatan tanya jawab, (2) kegiatan penulisan parafrase lagu anak-anak terpilih diawali oleh guru dengan memberikan contoh karangan bebas terkait dengan tema yang dibagikan kepada siswa dalam bentuk fotokopi, kemudian siswa diminta mengomentari atau mengajukan pertanyaan mengenai kosakata yang belum dipahami, setelah dirasa cukup kemudian guru memberikan soal latihan kepada siswa yang ditulis di papan tulis terkait dengan karangan bebas tersebut dan tugas siswa adalah menjawab soal latihan tersebut di depan kelas, (3) kegiatan siswa dalam pelisanan parafrase teks lagu yaitu membacakan hasil jawaban dari soal yang telah diberikan oleh guru di depan kelas, (4) kegiatan siswa dalam peresponan pelisanan parafrase teks lagu adalah merespon jawaban siswa lain yang dikemukakan di depan kelas dengan mengajukan sebuah pertanyaan, kemudian siswa yang terespon harus menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban yang sesuai dan jelas.

Penggunaan lagu dalam kegiatan diskusi dan tanya jawab ini bertujuan untuk memotivasi siswa melakukan kegiatan diskusi secara lebih baik yang dapat membantu mempermudah peningkatan kecerdasan dan daya pikir kritis serta kreatif siswa, sedangkan kegiatan penulisan parafrase teks lagu ini berhasil meningkatkan keterampilan menulis siswa dan memberikan kesempatan untuk memperoleh pemahaman mengenai isi teks lagu yang disajikan, adapun kegiatan pelisanan parafrase teks lagu ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam berbicara, dan kegiatan peresponan parafrase teks lagu yang dilisankan ini dapat mengembangkan segi afektif dalam berkomunikasi dan memberikan kesempatan untuk menyimak secara baik.