SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengajaran Bahasa Arab Dengan Media Kartu Kata dan Gambar di MIA 03 Langlang Singosari Malang

Siti Farohah

Abstrak


Berdasarkan tujuan pembelajaran Bahasa Arab (BA) di MI, bahwa BA merupakan mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan dan membina kemampuan berbahasa Arab fusha, baik produktif maupun reseptif, serta menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa. Peneliti melaksanakan penelitian tentang pengajaran BA dengan media kartu kata dan gambar sebagai cara untuk meningkatkan kualitas pengajaran BA di MIA 03 Langlang Singosari Malang.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: (1) hasil belajar siswa kelas V MIA 03 Langlang Singosari Malang sebelum menggunakan media kartu kata dan gambar, (2) hasil belajar siswa kelas V MIA 03 Langlang Singosari Malang sesudah menggunakan media kartu kata dan gambar, (3) efektifitas pengajaran BA di MIA 03 Langlang Singosari Malang dengan menggunakan media kartu kata dan gambar.

            Dalam penelitian ini, rancangan yang digunakan adalah rancangan Pra Eksperimental dengan menggunakan Pre test dan Pos test. Adapun populasinya adalah semua siswa kelas V MIA 03 Langlang Singosari Malang yang berjumlah 44 siswa yang semuanya dijadikan sampel. Data dikumpulkan dari observasi, tes yang terdiri dari Pre test dan Pos test, angket dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji – t.

            Hasil penelitian skor efektifitas pengajaran BA menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5% diperoleh dari ttabel = 1.681< thitung 10.176. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan penggunaan media kartu kata dan gambar terhadap (1) hasil belajar siswa kelas V MIA 03 Langlang Singosari Malang sebelum menggunakan media kartu kata dan gambar, (2) hasil belajar siswa kelas V MIA 03 Langlang Singosari Malang sesudah menggunakan media kartu kata dan gambar, (3) efektifitas pengajaran BA di MIA 03 Langlang Singosari Malang dengan menggunakan media kartu kata dan gambar. Dengan kata lain, terdapat peningkatan rata-rata nilai pelajaran bahasa Arab siswa kelas V MIA 03 Langlang Singosari Malang sesudah menggunakan media kartu kata dan gambar. Oleh Karena itu pengajaran BA dengan menggunakan media kartu kata dan gambar perlu ditindaklanjuti dan dikembangkan untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.