SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Nilai-nilai Moral Islami dalam Kumpulan Cerita Anak Berbahasa Arab Silsilatu Al-Adabi Al-Islamiyati Li Al-Athfali Karya Ar-Rajabi dan Ath-Thayyibi

Siti Khoiriyah Mardiyatul

Abstrak


Informasi terus berkembang. Akibatnya, proses kontak budaya melalui media informasi mutakhir tersebut berjalan cepat dengan intensitas yang tinggi. Hal ini menimbulkan kekhawatiran dari sebagian kalangan adanya dampak negatif yang ditimbulkannya. Dampak negatif tersebut antara lain memudarnya kepedulian terhadap nilai-nilai moral Islami pada sebagian masyarakat.

Tujuan umum penelitian ini adalah mendiskripsikan nilai-nilai moral Islami dalam kumpulan cerita anak berbahasa Arab Silsilatu Al-Adabi Al-Islamiyati Li Al-Athfali Karya Mahmud Abdurrahim Ar-Rajabi dan Ukasyah Abdul Manan Ath-Thayyibi yang selanjutnya disingkat dengan “SAILA karya Ar-Rajabi dan Ath-Thayyibi. Nilai moral Islami meliputi (1) amanah, (2) syukur, (3) sabar, (4) istiqamah, dan (5) tawakal.

Rancangan penelitian yang sesuai dengan tujuan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif kualitatif yang mendiskripsikan nilai-nilai moral Islami dalam kumpulan cerita anak berbahasa Arab “SAILA karya Ar-Rajabi dan Ath-Thayyibi. Selain itu menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui prosentase kemunculan nilai moral Islami dalam penelitian ini. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen berupa teks kumpulan cerita anak berbahasa Arab SAILAkarya Ar-Rajabi dan Ath-Thayyibi yang berjumlah sepuluh cerita  yang diterbitkan oleh Al-Fadhilah di Mesir tahun 2001 dan di setting gambar oleh Athiyyah Azzahiri. Selain peneliti sebagai instrumen utama, digunakan juga instrumen pemandu pengumpulan data berupa tabel. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga teknik yaitu: (1) teknik observasi, (2) teknik pencatatan, dan (3) teknik analisis. Langkah-langkah analisis yang dilakukan oleh peneliti berpijak pada teknik analisis isi dari Klaus (1993:17). Penelitian ini dilakukan melalui empat tahap, yaitu (1) tahap persiapan, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pelaksanaan, dan (4) tahap penyelesaian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data Nilai moral Islami dalam kumpulan cerita anak berbahasa Arab “SAILA” karya Ar-Rajabi dan Ath-Thayyibi sebanyak 110 data dengan frekuensi terbesar pada nilai moral Islami istiqamah  berjumlah 65 data dan  frekuensi terkecil pada nilai moral Islami syukur berjumlah 8 data.sub nilai moral Islami yang diteliti adalah: (1) nilai moral Islami amanah antara lain: amanah dan kejujuran, adil terhadap Allah, adil terhadap makhluk, adil terhadap diri sendiri, amanah dan khianat, dan amanah dan tugas kemanusiaan. (2) nilai moral Islami syukur yaitu syukur nikmat. (3) nilai moral islami sabar antara lain sabar dalam menghadapi musibah, sabar menahan untuk tidak melakukan maksiat, dan sabar dalam mematuhi perintah Allah.

(4) nilai moral Islami antara lain membaca Hamdalah ketika mendapat kenikmatan, mengucapkan Basmalah sebelum melakukan pekerjaan yang baik, mensosialisasikan salam, mengucapkan salam dengan sempurna, mengucapkan Insya Allah ketika berjanji, mengucapkan Subhanallah ketika menghadapi keanehan, memberi manfaat kepada orang lain, segera beristigfar ketika terlanjur melakukan maksiat, dan mengucapkan Istirja’. (5) nilai moral Islami tawakal antara lain tawakal menghadapi ketakutan, tawakal dalam menghadapi kekurangan harta, dan tawakal dalam menghadapi kematian

Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada beberapa pihak antara lain: (1) Guru bahasa Arab untuk mempergunakan cerpen ini sebagai buku penunjang karena susunan bahasanya mudah, ilustrasinya sesuai dengan dunia anak, dan isinya mencerminkan nilai-nilai moral Islami dan (2) peneliti selanjutnya untuk meneliti aspek lain misalnya, Ihsan, Tawadhu’, dan Qanaah dalam kumpulan cerita anak berbahasa Arab ini.