SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Variasi Metode Pengajaran terhadap Hasil Prestasi Belajar BA Siswa MAN Malang 1

Mu’afah Mu’afah

Abstrak


Salah satu tugas guru adalah memilih metode mengajar yang berkaitan keberhasilan menumbuhkan semangat dan motivasi siswa. Metode mengajar yang digunakan perlu disesuaiakan dengan materi, kondisi siswa, dan kondisi sekolah yang ada. Mengingat metode mengajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, maka seorang guru diharapkan  lebih cermat dalam memilih metode untuk divariasiakan penerapan dalam penyampaian materi.

             Metode dalam penelitian adalah diskriptif. Rancangan penelitian ini adalah rancangan penelitian pra eksperimental yang bertujuan untuk mengungkapkan hubungan kausalitatif dengan hanya melibatkan satu subyek. Subyek penelitian adalah siswa kelas Xf MAN Malang 1 yang berjumlah 30 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian tes, angket, pedoman observasi , dan  pedoman wawancara. Pertemuan pertama pengajaran dengan menggunakan satu metode yaitu metode membaca dan diakhiri dengan pretes. Pertemuan selanjutnya dengan menggunakan variasi metode yang diakahiri dengan pascastes.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa pengajaran BA di MAN Malang 1 terdiri atas beberapa variasi  metode, yaitu  metode membaca, metode langsung,  metode gramatika- terjemah, metode komunikatif, metode audiolingual  dan metode eklektik. Dari penelitian yang telah dilakukan memunjukan bahwa terdapat korelasi antara soal pretes dan pascates. Hasi belajar dengan menggunakan variasi metode lebih baik daripada hasil belaajr tanpa menggunakan variasi metode.