SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Pengelolaan Kelas dan Pemanfaatan Media Pengajaran dengan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa MTs Al Maarif 02 Singosari Malang

Umi Lativah

Abstrak


Pengelolaan kelas merupakan serangkaian kegiatan guru untuk menciptakan dan mempertahankan suasana atau kondisi belajar mengajar yang efektif. Adapun media pengajaran adalah bahan, alat, maupun metode atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, dengan maksud agar proses pendidikan dapat berlangsung secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan pengajaran yang diharapkan. Berdasarkan hal tersebut kemampuan guru dalam mengelola kelas dan memanfaatkan media pengajaran sangat diperlukan untuk dapat menciptakan dan mempertahankan motivasi belajar bahasa Arab siswa yang pada akhirnya dapat tercapai tujuan pembelajaran.

            Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional, dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara: (1) pengelolaan kelas dengan motivasi belajar bahasa Arab siswa, (2) pemanfaatan media pengajaran dengan motivasi belajar bahasa Arab siswa, (3) pengelolaan kelas dan pemanfaatan media pengajaran dengan motivasi belajar bahasa Arab siswa.

            Populasi berjumlah 418 siswa, untuk sampel diambil dengan teknik proporsional stratified random sampling menghasilkan 83 siswa (20% sampel) dan seluruh populasi guru dijadikan sampel dengan jumlah 2 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, wawancara dan pedoman observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan rumus korelasi Product Moment yang digunakan untuk mengetahui: (1) hubungan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar bahasa Arab siswa, (2) pemanfaatan media pengajaran dengan motivasi belajar bahasa Arab siswa. Analisis Regresi digunakan untuk mendeskripsikan hubungan antara pengelolaan kelas dan pemanfaatan media pengajaran dengan motivasi belajar bahasa Arab siswa.

            Hasil penelitian menunjukkan (1) ada hubungan positif yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan motivasi belajar bahasa Arab siswa  (2) tidak ada hubungan positif antara pemanfaatan media pengajaran dengan motivasi belajar bahasa Arab siswa. (3) ada hubungan positif yang signifikan antara pengelolaan kelas dan pemanfaatan media pengajaran dengan motivasi belajar bahasa Arab siswa.

            Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru mempertahankan dan meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa dengan mengelola kelas yang baik dan memanfaatkan media pengajaran dalam setiap kali mengajar sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal.