SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas I Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Malang III

Mariya Ulfa

Abstrak


Penggunaan media dalam proses pembelajaran adalah penggunaan dan pemanfaatan media sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Media tersebut berupa (1) alat audio (alat dengar) yaitu radio, dan tape recorder, (2) alat visual (alat pandang) yaitu gambar, kartu kata/flash card, buku teks, dan LKS, dan (3) alat audio visual (alat dengar pandang) televisi, dan komputer. Penggunaan media oleh guru bidang studi untuk siswa kelas I MTsN Malang III bertujuan untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi sekaligus bertujuan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan secara obyektif (1) penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Arab kelas I MTsN Malang III, (2) mengetahui faktor-faktor yang menunjang dalam penggunaan media, baik internal maupun eksternal, serta (3) faktor-faktor penghambat penggunaan media, baik internal maupun eksternal.

Adapun rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan data penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Arab kelas I dalam penelitian ini, sumber datanya adalah proses belajar mengajar di kelas. Teknik pengumpulan data adalah teknik non tes yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah guru bidang studi sejumlah 1 orang dan siswa kelas I sejumlah 81 siswa. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan cara: (1) mengidentifikasi, (2) mengklasifikasi, (3) menyaring, dan (4) menyimpulkan. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah (1) observasi, (2) wawancara, (3) angket, dan (4) dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pembelajaran bahasa Arab kelas I MTsN Malang III menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK),

(b) penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Arab kelas I disesuaikan dengan keterampilan berbahasa dan tingkat keperluan digunakannya media di dalamnya, (c) faktor-faktor yang mendukung penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Arab kelas I, baik internal maupun eksternal yaitu, (1) faktor internal sekolah yaitu: materi yang terdapat dalam buku teks, adanya peningkatan semangat siswa dalam mengikuti pelajaran, adanya variasi pengajaran guru, sehingga meminimalisir rasa bosan siswa, dan (2) faktor eksternal yaitu: tersedianya media di sekolahan, dan kurikulum. (d) faktor-faktor yang menghambat penggunaan media dalam pembelajaran bahas Arab kelas I, baik internal maupun eksternal yaitu: (a) faktor internal yaitu: kurangnya jumlah media yang ada, penggunaan media yang monoton oleh guru, (b) faktor eksternal yaitu kurangnya jumlah media yang sudah tersedia seperti laboratorium bahasa, alat audio (radio dan tape recorder) dan audio visual (televisi dan komputer, fasilitas yang kurang memadai, media yang digunakan monoton dan kurang bervariasi dan menghambat efektifitas penggunaan media, kurangnya penjelasan tentang tata cara  penggunaan media.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bahwa perlu adanya upaya untuk memaksimalkan dan meningkatkan kreativitas guru dalam menggunakan media, perlu adanya variasi media yang digunakan dalam pembelajaran, agar semangat belajar siswa meningkat terus. Dan disarankan juga kepada pihak sekolah untuk memperbanyak koleksi/variasi media, seperti gambar, kartu kata dan media visual seperti radio, dan tape.