SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bi'ah Árabiyyah di Ma'had Sunan Ampel Al-Aly Universitas Islam Negeri Malang (UIN).

Hasyim Amrullah

Abstrak


ABSTRAK
Amrullah, Hasyim. 2007. Pengembangan Bi'ah Árabiyyah di Ma'had Sunan Ampel Al-Aly Universitas Islam Negeri Malang (UIN).
Skripsi, jurusan pendidikan sastra Arab, fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing: (I) Drs. H. Muhaiban, (II) Dr. M. Ainin M.Pd.
Kata kunci: Bahasa Arab, Ma'had Sunan Ampel Al-Aly, Bi'ah Árabiyyah.
Bahasa Arab sebagai salah satu bahasa dunia, mempunyai kedudukan yang tinggi setelah bahasa Inggris, yaitu sebagai bahasa internasional. Melihat arti penting bahasa Arab tersebut, maka sudah sepatutnya bahasa Arab dipelajari dan dikembangkan di Indonesia. Hal ini disebabkan hampir 80% penduduk Indonesia beragama Islam. Ma'had Sunan Ampel Al-ali (MSAA) Universitas Islam Negeri Malang adalah salah satu pondok pesantren yang ada di Kota Malang yang dinaungi oleh lembaga pendidikan tinggi islam. MSAA UIN Malang ini adalah salah satu lembaga pendidikan non formal bercirikan keislaman, dalam upaya peningkatan pembelajaran bahasa Arab, pondok ini mengadakan program kebahasaan yaitu penciptaan Bi'ah Árabiyyah, Bi'ah Árabiyyah merupakan lingkungan kehidupan yang di dalamnya terdapat kegiatan-kegiatan yang dipenuhi dengan berbahasa Arab
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pengembangan Bi'ah Árabiyyah di MSAA UIN Malang yang meliputi : Latar belakang, tujuan, sistem, aktivitas, faktor penghambat dan pendukung dalam pengembangan Bi'ah Árabiyyah di Ma'had Sunan Ampel Al-Aly (MSAA) Universitas Islam Negeri.
Penelitian ini dilakuakan di MSAA UIN Malang, Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh warga MSAA UIN Malang. Dalam penelitian ini, data yang dikumpulkan berupa data hasil dari observasi selama penelitian dilakukan. Data penelitian ini diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumensasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan peneliti sebagai instrumen sekaligus pengumpul data sedangkan instrumen pembantu adalah kisi-kisi interviw.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan Bi'ah Árabiyyah di MSAA UIN Malang dilatarbelakangi oleh perlunya pembiasaan komunikasi dengan bahasa Arab bagi mahasantri atau para pengurus, dan bahasa Arab adalah bahasa Internasional, (2) tujuan diadakannya pengembangan Bi'ah Árabiyyah di MSAA UIN Malang adalah agar mahasantri bisa berbahasa Arab dengan lisan maupun tulis, mencetak dai, dan mahasantri bisa memahami kitab-kitab berbahasa Arab, (3) sistim pengembangan Bi'ah Árabiyyah di MSAA UIN Malang adalah: Ta'aruf Ma'hady, Ta'lim Al-Afkar Al-Islamiyyah, Ta'lim Al-Quran, pemberian plakat, layanan kebahasaan, pemberian materi dan kosa kata bahasa asing, memberlakukan wajib bahasa Arab bagi semua penghuni ma'had, menghadirkan penutur asli, (4) aktifitas- aktifitas dalam mengembangkan Bi'ah Árabiyyah adalah: Shobahul lughah, pelayanan konsultasi bahasa, Al-yaum al-araby, Al-Musabaqoh Al-Arabiyyah, (5) faktor pendukungnya adalah: UIN Malang mewajibkan mahasiswa baru mengikuti program kusus pengembangan bahasa Arab (PKBA) selama satu tahun, bimbingan bahasa arab, adanya plakat-plakat pesantren menggunakan bahasa Arab, motivasi tinggi, adanya kultum bahasa sehabis shalat lima waktu, adanya muharrikullughah (penggerak bahasa), dan adanya SAC (self acess center). Sedangkan faktor
penghambatnya adalah: kurang ketatnya peraturan, terbatasnya daerah bahasa Arab, latar belakang mahasantri yang berbeda-beda, kurangnya kesadaran diri para mahasantri, waktu yang sangat sempit, kurangnya pantauan dari para pengurus, dan kurangnya peran dewan kiai dalam aplikasi bahasa.
Mengingat pentingnya penguasaan terhadap bahasa Arab bagi mahasantri yang ada di MSAA UIN Malang disarankan agar selalu bersadarkan diri untuk selalu bersungguh-sungguh dalam belajar bahasa Arab dan melaksanakan Bi'ah Árabiyyah dengan baik. Dan disarankan untuk semua kegiatan yang ada sebaiknya di lestarikan dan di tingkatkan untuk lebih sempurna. Untuk para pembina MSAA UIN Malang disarankan agar tetap mempertahankan dan meningkatkan keberadaan Bi'ah Árabiyyah yang selama ini berjalan, Para dosen khususnya dosen bahasa Arab disarankan ikut berperan dalam pengembangan bahasa Arab dan Bi'ah Árabiyyah dimanapun berada, Para pengurus asrama untuk lebih mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan dan peraturan yang sudah ditetapkan oleh ma'had, Para asatidz yang mengajarkan bahasa Arab disarankan untuk lebih mengoptimalkan media dan menerapkan berbagai variasi dalam pembelajaran bahasa Arab, Adanya penelitian lanjutan untuk mendukung gerakan pembudayaan bahasa Arab dibutuhkan teori-teori tentang teknik pengembangan. Peneliti sangat menyadari bahwa penelitian ini terdapat kekurangan

Teks Penuh: DOC PDF