SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS BUKU TEKS BAHASA ARAB UNTUK MADRASAH IBTIDAIYAH “AKU CINTA BAHASA ARAB” OLEH AGUS WAHYUDI

Heny Kusmarini

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusmarini, Heny. 2013. Analisis Buku Teks Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah “Aku Cinta Bahasa Arab” oleh Agus Wahyudi . Skripsi, Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Nurul Murtadho, M.Pd, (II) Dr. Lilik Nur Kholidah, M.Pd.

 

Kata Kunci: Analisis Buku Teks, Bahasa Arab, Madrasah Ibtidaiyah,

  

Banyaknya buku teks bahasa Arab  untuk Madrasah Ibtidaiyah, membuat kepala sekolah atau guru harus menyeleksi buku yang sesuai kurikulum. Oleh karena  itu tujuan penelitian ini secara umum adalah mendeskripsikan buku teks bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah oleh Agus Wahyudi terbitan Tiga Serangkai.jilid 1,2, dan 3, khususnya adalah mendeskripsikan mengenai: (1) kesesuaian kosakata dengan kurikulum, (2) struktur penyajian atau karakter buku teks,(3) kesulitan latihan-latihannya. Instrumen penelitian adalah human instrument yang dibantu dengan angket dan wawancara kepada  empat orang guru bahasa Arab dari MI Malang.

Langkah-langkah penelitian adalah (1) membaca buku teks yang dijadikan sumber penelitian, (2) mencatat hal-hal yang menjadi objek penelitian yaitu tentang kosakata atau mufradat, karakteristik dalam buku teks bahasa Arab buku teks dan kesulitan latihan-latihannya, (3) menyebarkan angket ke madrasah-madrasah yang memakai buku teks yang menjadi sumber penelitian, (4) mengumpulkan hasil angket, menganalisanya dan menyimpulkannya,

Hasil dari penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa (1) jumlah  kosakata atau mufradat dalam buku teks tidak sesuai dengan kurikulum 2004. Hal ini terlihat bahwa mufradat  dalam buku teks hanya tersaji 290 kosakata, kosakata tidak bergambar, (2) penyajian materi sudah melalui gradasi, dan tidak tersaji materi lagu dan permainan, (3) Latihan-latihan sudah bervariasi, bentuk latihan sudah sesuai dengan kompetensi dasar. Menurut responden, latihan menulis adalah yang paling sulit bagi peserta didik.