SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Alat Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah Untuk Kemahiran Membaca Dengan Program Hot Potatoes Di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Malang I

Agus Jauhar Makmun

Abstrak


ABSTRAK

 

Makmun, Agus Jauhar. 2011. Pengembangan Alat Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah Untuk Kemahiran Membaca Dengan Program Hot Potatoes Di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Malang I. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd., (2) Ibnu Samsul Huda, S.S, M.A

 

Kata kunci: alat evaluasi, hot potatoes, madrasah aliyah.

Dewasa ini para pebelajar dituntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Sistem pembelajaran kuno seperti teacher centered sudah tidak relevan lagi untuk diterapkan dalam pembelajaran masa kini. Kemajuan teknologi yang pesat, khususnya teknologi informasi mendorong manusia untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Di samping itu, metode pembelajaran bahasa Arab yang konvensional dan klasik menuntut pendidik untuk menggunakan media yang lebih relevan dengan tuntutan zaman, agar peserta didik lebih termotivasi dalam belajar bahasa Arab. Media tersebut berupa alat evaluasi berbasis Hot Potatoes yang memberikan output berupa ringkasan materi dan latihan soal. Inovasi tersebut diharapkan mampu mendorong peserta didik untuk belajar bahasa Arab secara mandiri.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (a) membuat langkah-langkah penggunaan perangkat lunak Hot Potatoes sebagai alat evaluasi pembelajaran bahasa Arab peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri Malang I. (b) mengembangkan alat evaluasi yang digunakan dalam perangkat lunak Hot Potatoes untuk evaluasi pembelajaran bahasa Arab peserta didik kelas X MAN Malang I semester genap.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian pengembangan. Uji lapangan dilaksanakan di MAN Malang I, kota Malang, Jawa Timur. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN Malang 1. Prosedur penelitian ini adalah: (1) mengidentifikasi/analisis kebutuhan, (2) studi pendahuluan, (3) menelaah dan memilih materi, (4) mengembangkan media desain program Hot Potatoes dan tahap produksi awal, (5) uji coba awal pada kelompok kecil, (6) tahap validasi dari ahli materi dan ahli media (7) tahap revisi awal dan penyempurnaan, (8) uji coba kedua di lapangan, (9) revisi produk akhir, dan (10) hasil produk akhir.

Hasil penelitian adalah berupa produk yakni alat evaluasi bahasa Arab berbasis web yang telah divalidasi oleh ahli di bidang isi produk, ahli di bidang perancangan produk dan sasaran pengguna produk (peserta didik MAN Malang I). Berdasarkan hasil validasi dan uji coba, program ini telah mencapai tingkat kelayakan 86,9% (valid) dan telah memenuhi kategori alat evaluasi yang cocok untuk peserta didik. Dalam model perangkat lunak tersebut disajikan materi membaca bahasa Arab dengan mengacu pada buku yang dipakai untuk peserta didik MAN Malang I.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar alat evaluasi ini dapat digunakan sebagai referensi dan mengevaluasi hasil belajar bagi peserta didik.

 

ABSTRACT

 

Makmun, Agus Jauhar. 2011. Development Evaluation Tool in Learning Arabic Madrasah Aliyah To Proficiency Reading With Hot Courses Potatoes In Class X Madrasah Aliyah Malang I. Thesis, Department of Literature Arabic, Faculty of Letters, State University of Malang. Supervisor: (1) Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd., (2) Ibnu Samsul Huda, S.S, M.A.

 

Keywords: evaluation tool, hot potatoes, madrasah aliyah.

Today, the learners are required to be more active in learning. Ancient systems such as teacher-centered learning is no longer relevant to be applied in the present study. Rapid technological progress, especially information technology encourages people to develop media learning that can be used anytime and anywhere. In addition, Arabic language learning method is conventional and demanding classical educators to use the media more relevant to the demands of the times, so that participants students more motivated to learn Arabic. Media is a tool Hot Potatoes-based evaluation that provides a summary of the material output and exercises. Innovation is expected to encourage learners to learn Arabic independently.

The purpose of this study was to describe: (a) make the step- step using the software Hot Potatoes as an evaluation tool Arabic language learning class X students of Madrasah Aliyah Malang I. (b) develop an evaluation tool used in software Hot Potatoes for the evaluation of learning Arabic language learners class X MAN Malang I semester. The design of the study is a study design development. Field tests conducted in Malang MAN I, the city of Malang, East Java. Subjects this study were students in class X MAN Malang 1. Research procedures These are: (1) identify / needs analysis, (2) a preliminary study, (3) reviewing and selecting materials, (4) develop a media program design Hot Potatoes and the initial production phase, (5) early trials in small groups, (6) validation phase of matter experts and media experts (7) the initial and the revision stage improvement, (8) second trial on the ground, (9) revision of the final product, and (10) the results of the final product.

The results are a product that is an evaluation tool based Arabic language web that has been validated by experts in the field of product content, experts in the field product design and target users of the product (the learner MAN Malang I). Based on the results of the validation and testing, the program has reached a level feasibility of 86.9% (valid) and has met a suitable category of evaluation tools for learners. In the software model is presented materials read Arabic language by referring to the book used for learners MAN Malang I.

Based on the results of the study suggested that this evaluation tool can be used as a reference and evaluate learning outcomes for students.