SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pola pengembangan materi dalam buku teks bahasa Arab untuk SMA-SMK kelas X terbitan Misykat

SITI HADIJAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Hadijah, Siti. 2010. Pola Pengembangan Materi dalam Buku Teks Bahasa Arab Untuk SMA-SMK Kelas X Terbitan Misykat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd.

 

Kata Kunci: pola pengembangan, materi, buku teks, Misykat

 

Kesuksesan proses belajar-mengajar tidak lepas dari kehadiran buku teks. Buku teks memegang peranan penting dalam pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran bahasa. Buku teks harus dirancang dengan baik dan benar, sehingga berfungsi sebagai alat pembelajaran yang efektif. Seorang guru harus mengetahui kriteria buku teks yang baik dan benar, memilih buku teks sebagai bahan ajar dengan pertimbangan pada kualitas, karena peran buku teks penting dan sangat menentukan benar tidaknya pelaksanaan pembelajaran. Jika sesuatu yang ada dalam buku teks tersebut salah, maka pengetahuan siswa pun akan ikut salah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Kompetensi Dasar dan Indikator dalam buku teks, (2) Tema-tema yang ada dalam buku teks, (3) Penahapan maharah yang tercermin dalam buku teks, (4) bentuk latihan dalam buku teks.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian Deskriptif. Data yang diambil pada penelitian ini adalah seluruh materi dan latihan dalam buku teks bahasa Arab kelas X terbitan Misykat. Bentuk data penelitian ini adalah paparan mengenai materi dan latihan buku teks tersebut. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks bahasa Arab untuk SMA-SMK kelas X terbitan Misykat. Adapun alasan dipilihnya buku teks ini karena buku ini telah banyak digunakan di sekolah-sekolah menengah atas yang favorit atau terkemuka di kota Malang. Instrument yang dipakai dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrument penunjangnya adalah tabel.

Tekhnik analisis data dalam penelitian ini sebagai berikut: (a) menyeleksi data yang layak dipakai sesuai dengan rumusan masalah yang diteliti, (b) mengklasifikasikan data sesuai Kompetensi Dasar dan Indikator dalam buku teks, menganalisis tema-tema materi yang terdapat dalam buku teks, menganalisis penahapan maharah dalam buku teks , serta mengklasifikan bentuk-bentuk latihan buku teks. Pengklasifikasian ini berdasarkan kriteria indikator yang telah ditetapkan, (c) data yang sudah diklasifikasi kemudian direview secara intensif agar memperoleh gambaran yang utuh kemudian menghubungkan data tersebut dengan kriteria yang telah di buat pada rumusan masalah, (e) mengumpulkan hasil sesuai dengan data yang diklasifikasi kemudian menyimpulkan hasil tersebut serta dikonsultasikan kepada para ahli atau pakar sehingga diperoleh kesimpulan yang benar serta dapat dipertanggung jawabkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Kompetensi Dasar dalam setiap maharah, pada maharah kalam unit 1 pelajaran 1, maharah kalam dan materi yang disajikan tidak singkron dengan Kompetensi Dasar yang terdapat Buku teks ini terdiri dari beberapa bentuk latihan pada setiap maharahnya, pada maharah Kalam ditemukan 2 bentuk latihan, yaitu menjawab pertanyaan dengan jawaban pendek (short answer quetions), dan bentuk latihan esai. Pada maharah selanjutnya adalah maharah Qira'ah ditemukan 4 bentuk latihan yaitu membaca keras/nyaring, bentuk latihan salah benar (true false), bentuk latihan menjawab pertanyaan dengan jawaban pendek (short answer quetions), dan bentuk latihan pilihan ganda (multiple choice). Kemudian maharah berikutnya adalah maharah istima' ditemukan 3 bentuk latihan, yaitu bentuk latihan pilihan, bentuk latihan menjawab pertanyaan dengan jawaban pendek (short answer questions), dan bentuk latihan salah benar (true false), dan pada maharah yang terakhir yaitu maharah kitabah ditemukan 3 bentuk latihan yaitu menulis ulang, menjawab pertanyaan, esai.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru bahasa Arab agar lebih mengembangkan bentuk-bentuk latihan dalam buku teks, bagi pembelajar bahasa Arab, di sarankan agar lebih aktif dan maksimal dalam mengerjakan bentuk-bentuk latihan agar lebih cakap dalam kemampuan di bidang bahasa Arab, bagi pengarang BTBA disarankan agar lebih memperhatikan aspek-aspek dalam penyusunan penyajian buku teks , bagi peneliti selanjutnya diharapakan dapat meneliti BTBA dari penerbit lain dari sisi atau aspek-aspek dan kriteria yang berbeda secara detail dan lebih mendalam