SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN LEARNING CYCLE DALAM PEMBELAJARAN BARISAN DAN DERET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 12 MALANG

inggit susanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Susanti, Inggit.2010. Penerapan Learning Cycle Dalam Pembelajaran Barisan dan Deret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 12 Malang . Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Rini Nurhakiki, M.Pd, (II) Dra. Ety Tejo Dwi Cahyowati, M.Pd.

 

Kata kunci: learning cycle, hasil belajar

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMK Negeri 12 Malang, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Hasil belajar yang kurang maksimal dari siswa ditunjukkan dengan hasil nilai ulangan matematika beberapa siswa yang masih dibawah Standar Kelulusan Minimal (SKM). Hal ini disebabkan metode pembelajaran yang sering digunakan oleh guru adalah metode ceramah dan diskusi. Oleh karena itu diperlukan inovasi model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan membangkitkan minat siswa dalam mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan learning cycle dalam pembelajaran barisan dan deret  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 12 Malang.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan yang diberikan pada penelitian ini berupa penerapan learning cycle dalam pembelajaran barisan dan deret. Proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan learning cycle di awali dengan melakukan kegiatan-kegiatan untuk membangkitkan minat siswa pada pelajaran matematika (engagement), guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memanfaatkan panca indera mereka semaksimal mungkin dalam berinteraksi dengan lingkungan melalui kegiatan telaah literatur (exploration). Kemudian guru memberikan kesempatan yang luas kepada siswa untuk menyampaikan ide atau gagasan yang mereka miliki melalui kegiatan diskusi (explaination), mengajak siswa mengaplikasikan konsep-konsep yang mereka dapatkan dengan mengerjakan soal-soal pemecahan masalah (elaboration) dan terdapat suatu tes akhir atau tanya jawab untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa terhadap konsep yang telah dipelajari (evaluation).

Penerapan learning cycle dalam pembelajaran barisan dan deret dapat terlaksana dengan baik. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa hasil tes pada siklus 1 persentase ketuntasan belajars siswa  adalah 85%. Sedangkan hasil tes pada siklus 2, keseluruhan siswa tuntas belajar artinya presentase banyaknya siswa yang tuntas belajar adalah 100%. hasil observasi siswa selama pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan learning cycle, pada siklus 1 menunjukkan bahwa aktivitas siswa masuk dalam kategori “baik” dan pada siklus 2 masuk dalam kategori “sangat baik”. Sedangkan hasil observasi guru pada siklus 1 masuk dalam kategori “sangat baik” dan pada siklus 2 juga masuk dalam kategori “sangat baik”. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2.