SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika yang Bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Siswa SMP Kelas VIII.

agung abadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Abadi, Agung. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika yang Bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd, M.A, (II) Drs. Rustanto Rahardi, M.Si.

 

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Pendekatan RME, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Perangkat pembelajaran merupakan media bagi terjadinya interaksi belajar mengajar yang optimal. Sehingga jelas bahwa dengan adanya perangkat pembelajaran akan mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran di kelas. Guru akan lebih mudah mengajarkan suatu materi sedangkan siswa akan lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru. Oleh sebab itu perangkat pembelajaran mutlak diperlukan oleh seorang guru dalam mengelola pembelajaran.

Pendekatan matematika realistik adalah salah satu pendekatan belajar matematika yang dikembangkan untuk mendekatkan matematika kepada siswa. Masalah-masalah nyata dari kehidupan sehari-hari digunakan sebagai titik awal pembelajaran matematika untuk menunjukkan bahwa matematika sebenarnya dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Dari pengamatan di lapangan, persamaan linear dua variabel merupakan salah satu pokok bahasan matematika yang tergolong sukar. Dari pengalaman penulis dan hasil wawancara dengan beberapa siswa kelas VIII menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa dikarenakan materi yang diajarkan terlalu abstrak. Selain itu siswa belum mampu memaknai apa yang dipelajarinya dikarenakan adanya pemikiran siswa bahwa persamaan linear dua variabel hanya mempelajari perhitungan-perhitungan yang berupa variabel dan belum mengetahui manfaat mempelajari sistem persamaan linear dua variabel.

Model pengembangan perangkat pada penelitian ini mengacu pada model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel,dan Semmel (1974) yang telah dimodifikasi. Modifikasi yang dilakukan adalah sebagai berikut, 1) penyederhanaan model yang sebelumnya terdapat empat tahap menjadi tiga tahapan saja yaitu pendefinisian (Define), perancangan (design), dan pengembangan (Develop), hal ini dilakukan karena keterbatasan waktu serta biaya, 2) tidak semua tahapan pada 4D-model digunakan karena disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan perangkat pembelajaran.

Berdasarkan hasil validasi yang telah diuraikan pada Bab IV, secara keseluruhan produk RPP  dan LKS yang dikembangkan dinyatakan valid menurut penilaian validator ahli dan praktisi dan Validator User. Jadi dapat disimpulkan bahwa RPP  dan LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria baik.

Disarankan kepada pengembang-pengembang lainnya untuk mengujicobakan perangkat pembelajaran ini kepada siswa dalam kelompok besar/satu kelas agar dapat diketahui tingkat keefektifan dan kepraktisannya.