SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

mplementasi Pembelajaran Kooperatif tipe TTW (Think-Talk-Write) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Talun

Zemmy Indra Kumala Dewi

Abstrak


ABSTRAK

Dewi, Zemmy Indra Kumala. 2010. Implementasi Pembelajaran Kooperatif tipe  TTW (Think-Talk-Write) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Talun. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Askury, M.Pd (II) Dr. Hj. Cholis Sa’dijah, M.Pd, M.A.

Kata kunci: pembelajara kooperatif tipe TTW, kemampuan komunikasi siswa, respon siswa

Sebagai pendidik, guru dituntut agar tugas dan peranannya tidak lagi sebagai pemberi informasi (transmission of knowledge), melainkan sebagai pendorong belajar agar siswa dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuannya melalui berbagai aktivitas seperti pemecahan masalah dan komunikasi. Peningkatan kemampuan komunikasi siswa dapat dilakukan dengan melakukan inovasi dalam pembelajaran. Dalam hal ini, perlu dirancang suatu pembelajaran yang membiasakan siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya, sehingga siswa lebih memahami konsep yang diajarkan serta mampu mengkomunikasikan pemikirannya baik dengan guru, teman maupun terhadap materi matematika itu sendiri. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa adalah dengan melaksanakan model pembelajaran yang relevan untuk diterapkan oleh guru yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengkomunikasikan ide-idenya dalam bentuk lisan maupun tulisan. Model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW).

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Talun, tanggal 19 Maret sampai 7 Mei 2010. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II. Tingkat keberhasilan peningkatan kemampuan komunikasi siswa dapat dilihat dengan mengamati peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II dan penelitian dikatakan berhasil jika hasil kemampuan komunikasi siswa “baik”. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi siswa adalah tes di akhir siklus yang berupa permasalahan open-ended. Sedangkan untuk mengetahui respon siswa digunakan instrumen berupa angket.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TTW dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa yaitu kemampuan komunikasi siswa pada observasi awal adalah “kurang baik”, setelah dilakukan tindakan siklus I kemampuan komunikasi meningkat menjadi “cukup baik”, kemudian dilakukan tindakan siklus II sehingga kemampuan komunikasi siswa meningkat menjadi “baik”. Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe TTW adalah “sangat positif”, hal ini menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dan tertarik dengan pembelajaran ini.

ABSTRAK

Dewi, Zemmy Indra Kumala. 2010. Implementasi Pembelajaran Kooperatif tipe  TTW (Think-Talk-Write) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Talun. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Askury, M.Pd (II) Dr. Hj. Cholis Sa’dijah, M.Pd, M.A.

Kata kunci: pembelajara kooperatif tipe TTW, kemampuan komunikasi siswa, respon siswa

tugas dan peran guru adalah pendorong belajar agar siswa dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuannya melalui berbagai aktivitas seperti pemecahan masalah dan komunikasi. Peningkatan kemampuan komunikasi siswa dapat dilakukan dengan inovasi pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa adalah dengan melaksanakan model pembelajaran yang relevan untuk diterapkan guru yang memberi kesempatan siswa untuk mengkomunikasikan ide-idenya dalam bentuk lisan maupun tulisan. Model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW).

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Talun, tanggal 19 Maret sampai 7 Mei 2010. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II. keberhasilan peningkatan kemampuan komunikasi siswa dapat dilihat dengan mengamati peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II dan penelitian dikatakan berhasil jika kemampuan komunikasi siswa “baik”. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi siswa adalah tes di akhir siklus berupa permasalahan open-ended. Sedangkan untuk mengetahui respon siswa digunakan instrumen berupa angket.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TTW dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa yaitu kemampuan komunikasi siswa pada observasi awal adalah “kurang baik”, setelah dilakukan tindakan siklus I kemampuan komunikasi “cukup baik”, kemudian dilakukan tindakan siklus II sehingga kemampuan komunikasi siswa “baik”. Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe TTW “sangat positif”, hal ini menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dan tertarik dengan pembelajaran ini.

duties and role of teachers is the driver so that students can learn to construct their own knowledge through various activities such as solving and communication. Improved communication skills can be done with learning innovation. One way to improve students' communication skills is to implement mathematical models applied learning relevant to teachers who give students the opportunity to communicate his ideas in oral and written form. Model of learning is the type of cooperative learning model Think-Talk-Write (TTW). 
This research was carried out in SMP Negeri 1 Talun, from March 19 to May 7, 2010. The research design used in a classroom action research with a qualitative approach. This study consisted of cycle I and cycle II. success improving students' communication skills can be seen by observing the improvement obtained from cycle I to cycle II and the research is successful if the communication skills of students "good." The instrument used to measure students' communication skills is a test at the end of a cycle in the form of open-ended problems. Whereas students used to study the response in the form of questionnaire instruments. 
The results of this study indicate that the type of cooperative learning TTW communication skills can improve the communication skills of students in the initial observation is "less good", after the first cycle of action communication skills "good enough", then made the second cycle of action so that the communication skills of "good ". While students' responses to the type of cooperative learning TTW "very positive", this shows that students are very enthusiastic and interested in learning this.