SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

AnalisisKesalahanPesertaDidikKelas XI SMA Negeri 1 BatudalamMenyelesaikanMasalahMatematikaMateri Program Linear BerdasarkanTahapan Newman.

AYUSTIN ROSELINA

Abstrak


ABSTRAK

Roselina, Ayustin. 2017. Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Batu dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Program Linear Berdasarkan Tahapan Newman. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Sukoriyanto, M.Si.

 

Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Program Linear, Tahapan Newman.

Salah satu materi yang diajarkan di SMA adalah program linear. Permasalahan yang terkait dalam program linear merupakan materi yang disajikan dalam soal cerita. Berdasarkan pengalaman peneliti ketika KPL dan wawancara terhadap salah satu guru matematika di SMA Negeri 1 Baru di dapat 62.5% peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah program linear. Untuk mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan perlu dilakukanan alisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan masalah program linear. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis kesalahan peserta didik adalah tahapan Newman. Analisis kesalahan berdasarkan tahapan Newman dikembangkan pada pertengahan tahun 1970 oleh Anne Newman,seorang guru matematika asal Australia.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika materi program linear berdasarkan tahapan Newman. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 5. Untuk menentukan subjek penelitian, peneliti melakukan tes tulis materi program linear di kelas XI MIPA 5 yang berisi 32 peserta didik. Hasil tes tulis kemudian dievaluasi untuk menentukan subjek penelitian dengan kriteria peserta didik yang mengerjakan soaltes, memunculkan tahapan Newman, dan melakukan kesalahan pada setiap Tahapan Newman yang dikerjakan. Kemudian dipilih 3 peserta didik yaitu S1, S2 dan S3 yang melakukan kesalahan bervariasi pada setiap tahapnya. Selanjutnya dilakukan wawancara terhadap ketiga subjek yang terpilih.

Dari analisis data yang dilakukan oleh peneliti, diperoleh hasil bahwa ketiga subjek terpilih melakukan kesalahan membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Bentuk kesalahan yang dilakukan subjek antara lain kurang lengkap dalam membaca kata kunci dari soal, tidak mengerti arti dari kata – kata pada soal, tidak tepat dalam menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dari soal, tidak tepat dalam membuat model matematika untuk kendala program linear dan fungsi tujuan,salah dalam menggambar grafik kendala program linear,tidak tepat dalam menentukan daerah layak dan titik pojok daerah layak dari kendala program linear, salah dalam memberikan jawaban akhir, tidak memberikan keterangan pada jawaban akhir.