SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI IRISAN KERUCUT (PARABOLA) UNTUK SISWA KELAS XI SMA

Fibi Catur Setyaningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Matematika merupakan materi yang abstrak sehingga banyak siswa yang kesulitan dalam mempelajari matematika yang dibuktikan dengan rendahnya nilai rata-rata ujian nasional matematika. Salah satu materi matematika kurikulum 2013 yang diajarkan pada kelas XI IPA yaitu irisan kerucut (parabola). Irisan kerucut (parabola) merupakan salah satu materi geometri yang perlu divisualisasikan agar dapat terlihat lebih konkret oleh siswa sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi tersebut. Salah satu cara untuk memvisualisasikan materi irisan kerucut (parabola) dapat memanfaatkan perkembangan teknologi komputer yaitu dengan cara mengembangkan multimedia interaktif materi irisan kerucut (parabola). Multimedia interaktif ini bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi irisan kerucut (parabola) karena materi disajikan dengan lebih konkrit dan siswa dapat mengontrol media sesuai dengan yang diinginkannya.

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif materi irisan kerucut (parabola) untuk siswa kelas XI SMA. Multimedia interaktif yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas atau digunakan secara mandiri oleh siswa.

Pengembangan ini dirancang dengan menggunakan model Plomp dengan sedikit revisi yaitu fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/konstruksi, fase tes, evaluasi, dan revisi.Media yang telah dikembangkan kemudian divalidasi ke ahli media dan ahli materi. Hasilnya digunakan untuk merevisi multimedia agar menjadi lebih baik kemudian dilakukan uji kepraktisan kepada 3 guru matematika dan 10 siswa kelas XI SMAN 1 Campurdarat, Tulungagung yang dilanjutkan dengan uji terbatas pada 10 siswa kelas XI SMAN 1 Campur Darat, Tulungagung.

Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa pengembangan multimedia interaktif ini cukup valid dengan persentase 81,33%, hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa multimedia interaktif ini cukup valid dengan presentase 75,75%, persentase uji kepraktisan guru diperoleh 79,06%yang berarti bahwa multimedia interaktif ini cukup praktis, persentase uji kepraktisan siswa diperoleh 87,66% yang menunjukkan bahwa multimedia interaktif ini sangat praktis, dan persentase uji keefektifan diperoleh 90%yang menunjukkan bahwa multimedia interaktif ini sangat efektif.