SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas IPA-D/16 SMA Negeri 1 Singosari

Eka Fitri Nurani

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurani, Eka Fitri. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team  Game Tournament Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X IPA-D/16 SMA Negeri 1 Singosari. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Latifah Mustofa Lestyanto, S.Si, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Team Game Tournament, Minat Belajar Siswa

 

Hasil observasi yang dilakukan pada bulan Januari 2017 menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas X IPA-D/16SMA Negeri 1 Singosari masih kurang.Pembelajaran matematika yang dilaksanakan cenderung terpusat pada guru dan bukan pada siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dipilih model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahwa langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe (TGT) yang dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pokok bahasan trigonometri kelas X IPA-D/16SMA Negeri 1 Singosari.

Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggan 04 April sampai dengan 02 Mei 2017, sedangkan siklus II dilaksanakan pada tanggal 09 Mei sampai dengan 17 Mei 2017. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-D/16SMA Negeri 1 Singosari pada tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 38 siswa yang terdisi dari 13 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Data yang diklumpulkan pada penelitian ini meliputi: 1) hasil observasi aktivitas guru dan siswa, 2) hasil tes akhir siklus, dan 3) hasil angket respon siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) presentasi kelas, guru memberikan apersepsi kepada siswa dan menjelaskan tentang materi yang akan dipelajari (2) belajar kelompok, guru membagi siswa menjadi 9 kelompok secara heterogen dengan anggota 4-5 siswa (3) permainan, siswa diberikan kartu dengan pertanyaan-pertanyaan yang relevan dengan materi trigonometri (4) pertandingan, guru membagi siswa menjadi 6 meja turnamen secara homogen, dengan masing-masing meja terdapat 6-7 siswa (5) penghargaan kelompok, semua kelompok memperoleh penghargaan sebagai tim baik, tim super dan tim sangat baik pada kelas X IPA-D/16 SMA Negeri 1 Singosari. Presentase ketuntasan hasil tes akhir siklus I sebesar 37% dan siklus II sebesar 89%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 52% dari siklus I ke siklus II. Serta rata-rata hasil observasi aktivitas guru siklus I adalah 4,1 termasuk pada kategori “baik” dan hasil observasi aktivitas siswa adalah 3,9 termasuk pada kategori “cukup baik”, pada siklus II mengalami peningkatan 0,4 poin untuk hasil observasi aktivitas guru dengan rata-rata 4,5, sedangkan pada hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan 0,17 poin dengan rata-rata 4,07. Dengan demikian, penelitian ini dikatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.