SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LAWANG PADA MATERI LINGKARAN

Herry Prakoso

Abstrak


ABSTRAK

 

Dalam merencanakan pembelajaran yang baik, guru harus bisa memilih salah satu model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan membantu meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) merupakan pembelajaran yang sederhana dan cocok digunakan guru yang baru mulai dengan pembelajaran kooperatif. Dengan menggunakan model pembelajaran ini, siswa diharapkan untuk saling membantu, berdiskusi, saling menilai pengetahuan dan pemahaman satu sama lain.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang terbukti meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang. Materi matematika yang dipelajari selama penelitian ini adalah lingkaran. Penelitian ini berlangsung sebanyak dua siklus dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas XI IIS-1 SMA Negeri 1 Lawang yang terdiri dari 36 siswa dengan 12 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Pada siklus tersebut memuat empat buah tahapan yaitu perencanaan, tindakan pelaksanaan, observasi , dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, catatan lapangan, dan Tes akhir siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang pada dasarnya adalah sama dengan langkah-langkah model TPS pada umumnya. Pada siklus 1, siswa yang sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) adalah 69, 44%. Pada siklus 2 mengalami kenaikan dari 69,44% menjadi 77,78%.