SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN APEL DENGAN METODE FORWARD CHAINING

Fartin Musdalifah.

Abstrak


ABSTRAK

 

Musdalifah, Fartin. 2017. Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Sistem Pakar Identifikasi Hama dan Penyakit Tanaman Apel Dengan Metode Forward Chaining. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Mimiep Setyowati Madja, M.Kom.

 

Kata Kunci: sistem pakar, hama dan penyakit, tanaman apel, forward chaining

 

Kota Batu merupakan sentra industri buah apel. Kota ini sering dijuluki sebagai kota apel. Faktanya bahwa orang Indonesia menyukai buah ini yang rasanya manis dan asam. Pada tahun 2004 mengalami penurunan  sampai satu juta pohon apel. Hal ini dikarenakan banyaknya serangan hama dan penyakit pada tanaman apel.

Pada era modern ini, bahwa tindakan yang cepat dan tepat dalam mengidentifikasi hama dan penyakit tanaman apel tersebut dapat diwujudkan melalui pembuatan sistem pakar. Dimana kepakaran seseorang ditransfer ke komputer, sehingga komputer dapat mengidentifikasi layaknya seorang pakar untuk menyimpulkan lewat gejala-gejala yang sudah diinputkan. Gejala-gejala tersebut akan menjadi penentu dari hasil keputusan.

Pengimplementasian sistem pakar untuk mengidetifikasikan hama dan penyakit tanaman apel dengan cara memasukkan gejala-gejala yang sudah diinputkan di dalam program. Aplikasi identifikasi hama dan penyakit tanaman apel ini akan dibuat dalam bahasa pemograman Delphi. Metode yang digunakan adalah metode forward chaining. Berdasarkan pengembangan yang telah dilakukan sebelumnya, pengembangan kali ini aplikasi mampu beroperasi secara offline/tanpa koneksi internet, selain itu data yang digunakan lebih spesifik yaitu terdapat solusi yang dapat dilakukan setelah mengidentifikasi hama dan penyakit tanaman apel.