SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII

Eka Prima Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Eka Prima. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc.

 

Kata kunci: Lembar Kerja Siswa berbasis penemuan terbimbing, volume bangun ruang sisi datar

 

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berbasis penemuan terbimbing yang valid, praktis dan efektif yang dapat membantu siswa kelas VIII dalam memahami materi volume bangun ruang sisi datar. Pengembangan LKS berbasis penemuan terbimbing ini dilaksanakan karena masih banyak sekolah yang menggunakan LKS yang hanya berisi materi mentah, contoh soal dan latihan soal yang bersifat rutin.

Model penelitian pengembangan adalah model pengembangan Plomp. Langkah-langkahnya yaitu tahap investigasi awal, tahap perencanaan, tahap realisasi, tahap tes, evaluasi, revisi dan tahap implementasi. Tahap implementasi tidak dilaksanakan karena keterbatasan waktu. Instrument yang dirancang dalam mengumpulkan data untuk menghasilkan LKS yang valid, praktis, dan efektif, meliputi: (1) lembar validasi, (2) lembar observasi, (3) lembar kuis, dan (4) angket respon siswa. Analisis data kevalidan LKS diperoleh dari lembar validasi oleh validator ahli dan validator praktisi. Analisis data kepraktisan LKS diperoleh dari lembar observasi kegiatan guru dan angket respon siswa. Analisis data keefektifan LKS diperoleh dari lembar observasi kegiatan siswa dan hasil kuis siswa.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh skor hasil uji kevalidan LKS yaitu 3,13 dengan kriteria valid, skor hasil uji kepraktisan 3,6 dengan kriteria praktis dan respon siswa positif terhadap LKS, serta hasil kuis penguasaan materi siswa menunjukkan 83% nilai siswa lebih dari atau sama dengan 75 dan siswa aktif dalam pembelajaran sehingga LKS memenuhi kriteria efektif.

 Karena LKS yang dikembangkan telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif maka LKS yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran.