SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Turunan Fungsi Aljabar Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Batu

Agus Putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Putra, Agus. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan Hasil Belajar Materi Turunan Fungsi Aljabar Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Batu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. M. Shohibul Kahfi, M.Pd.

 

Kata Kunci: model pembelajaran, STAD, Batu

 

Proses pembelajaran Matematika yang berdasarkan ekspositori yang berpusat pada guru menyebabkan siswa pasif dan kurang terlibat dalam pembelajaran di kelas. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kejenuhan yang berakibat pada kurangnya minat siswa dalam belajar. Minat belajar siswa akan tumbuh ketika terjadi variasi model pembelajaran maupun media pembelajaran yang digunakan oleh pihak guru selaku pengajar di kelas. Agar terciptanya kondisi proses pembelajaran yang efektif guru Matematika perlu melakukan variasi dalam pembelajaran sehingga guru dan siswa terlibat secara keseluruhan salah satunya yakni dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dengan memanfaatkan penggunaan Lembar Kerja Siswa.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Batu Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan materi pembelajaran Turunan Fungsi Aljabar. Penggunaan Lembar Kerja Siswa guna mengetahui kemampuan siswa dalam bekerja kelompok pada tahap Kelompok model pembelajaran STAD. Guru membentuk siswa ke dalam kelompok-kelompok yang telah disusun secara heterogen. Penilaian secara individu yang nantinya akan mempengaruhi nilai kelompok. Kuis berperan dalam penentuan kelompok yang berhasil mendapatkan penghargaan.

Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) mampu meningkatkan kemampuan mempelajari turunan fungsi aljabar siswa kelas XI MIA 1. Pada siklus I hasil tes tulis memperoleh presentase 76,47% dan meningkat pada siklus II menjadi 88,24%. Pada siklus I rata-rata aktivitas guru yaitu 71,25% dan meningkat pada siklus II menjadi 88,75%. Pada siklus I rata-rata aktivitas siswa yaitu 72,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 86,25%. Diharapkan guru dapat terus mengembangkan model pembelajaran yang bervariatif untuk mengembangkan pembelajaran Matematika yang lebih berkualitas.