SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemodelan Regresi Semiparametrik Truncated Spline pada Angka Kematian Bayi di Jawa Timur

Vita Dewi Islami

Abstrak


ABSTRAK

 

Islami, Vita Dewi. 2017. Pemodelan Regresi Semiparametrik Truncated Spline pada Angka Kematian Bayi di Jawa Timur.Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Trianingsih Eni Lestari, S.Si, M.Si.

 

Kata Kunci: regresi semiparametrik,truncated spline, Angka Kematian Bayi

 

Analisis regresi merupakan salah satu analisis statistika yang mempelajari pola hubungan antara variabel respon dengan variabel prediktor. Banyak kasus terdapat dalam analisis regresi, dimana pola hubungan antara variabel respon dengan salah satu variabel prediktor diketahui tetapi dengan variabel prediktor yang lain tidak diketahui bentuk pola hubungannya. Penggabungan antara komponen parametrik dan komponen nonparametrikdisebut regresi semiparametrik. Dalam kasus seperti ini pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan regresi semiparametrik truncated spline. Metode ini dapat diterapkan dalam menentukan model terbaik kasus persentaseAngka Kematian Bayi (AKB) tahun 2013 di Jawa Timur dengan faktor yang mempengaruhi antara lain persentase persalinan oleh tenaga non medis ( , persentase wanita yang menikah dibawah usia 17 tahun  dan persentase pengeluaran perkapita penduduk yang kurang dari Rp. 300.000,00 . Model terbaik diperoleh berdasarkan nilai GCV minimum dan koefisien determinasi terbesar. Pada kasus AKB di Jawa Timur tahun 2013 didapatkan model terbaik dengan derajat polinomial linier 3 knot, dimana nilai GCVminimum sebesar 21,98068dan  sebesar 82,4%. Adapun modelregresi semiparametrik truncated spline memiliki persamaan

 

Berdasarkan model tersebut terdapat dua faktor yang berpengaruh signifikan terhadap AKB di Provinsi Jawa Timur yaitu persentase persalinan oleh tenaga non medis  dan persentase wanita yang menikah dibawah usia 17 tahun .