SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kesalahan Siswa dengan Gaya Belajar Kinestetik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang Berdasarkan Tahapan Newman.

ulvatun niswah

Abstrak


ABSTRAK

 

Niswah, Ulvatun. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dengan Gaya Belajar Kinestetik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang Berdasarkan Tahapan Newman. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Erry Hidayanto, M.Si

 

Kunci : Analisis Kesalahan, Tahapan Newman, Kinestetik, Peluang

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikankesalahan siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang berdasarkan tahapan analisis kesalahan Newman. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, dilakukan dengan cara menganalisis data dari hasil tes tulis siswa dan wawancara dengan siswa.Penelitian ini dilaksanakan di MA Al-Maarif Singosari Malang. Berdasarkan hasil penelitian, bentuk-bentuk kesalahan siswa dengan gaya belajar kinestetikdalam menyelesaikan soal cerita materi peluang adalah: (1)tahap membaca(reading), siswa menganggap bahwa nomor undian boleh terdiri dari angka yang sama, padahal tidak,  (2)pada tahap pemahaman (comprehension), siswa tidak mampu memahami soal dengan baik atau salah mengartikan soal dan siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, (3) tahap transformasi (transformation), siswa kurang tepat dalam memilih prosedur yang sesuai untuk menyelesaikan masalah, (4) tahap keterampilan proses(process skill), siswa tidak mampu melakukan penghitungan yang sesuai prosedur dengan benar, dan (5) tahap menuliskan jawaban akhir(encoding), siswa tidak menuliskan jawaban akhir secara tertulis.