SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel berdasarkan Analisis Kesalahan Newman

Intan Pandora

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLTV berdasarkan tahapan analisis kesalahan Newman beserta faktor penyebab kesalahan yang dilakukan. Ada lima jenis kesalahan dalam tahapan analisis kesalahan Newman, yaitu Reading and Decoding, Comprehending, Transforming, Processing, dan Encoding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan dua jenis data yaitu soal tes penelitian dan wawancara. Soal tes penelitian diberikan kepada 27 siswa kelas XI MIA 3 SMAN 1 Gondanglegi. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh, dipilih dua subjek penelitian.

Hasil yang diperoleh yaitu S1 dan S2 tidak melakukan kesalahan pada tahap Reading and Decoding, melakukan kesalahan pada tahap Comprehending yang disebabkan kurangnya pengetahuan mengenai konsep variabel, dan melakukan kesalahan pada tahap Transforming. Hal ini disebabkan S1 tidak mampu mengubah kalimat ke dalam bentuk matematis, serta terburu-buru dalam membuat model matematika. Sedangkan S2 melakukan kesalahan karena sulit memahami kalimat pada soal, serta tidak paham dengan model yang telah dibuat. S1 dan S2 melakukan kesalahan pada tahap Processing karena S1 tidak dapat melakukan proses matematis sehingga menebak-nebak jawaban pada soal, sedangkan S2 kurang lancar dalam melakukan perhitungan matematis serta kurang pengetahuan mengenai materi terkait. S1 dan S2 melakukan kesalahan pada tahap Encoding karena jawaban akhir yang dituliskan S1 belum menjawab permintaan soal, dan S2 tidak menuliskan kesimpulan akhir.