SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Logika Fuzzy Metode Sugeno untuk Mengevaluasi Kinerja Pengurus Organisasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Natalia Putri Dwi Agustina

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustina, Natalia Putri Dwi. 2017. Penerapan Logika Fuzzy Metode Sugeno untuk Mengevaluasi Kinerja Pengurus Organisasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Mohamad Yasin, S.Kom, M.Kom.

 

Kata Kunci : Delphi 7, evaluasi kinerja, kecerdasan buatan, logika fuzzy, metode Sugeno.

 

Dewasa ini banyak dijumpai perkumpulan orang dengan tujuan yang sama selanjutnya disebut organisasi. Salah satu unsur dalam organisasi adalah pengurus organisasi. Kemajuan dan perkembangan suatu organisasi juga dipengaruhi oleh kinerja pengurus organisasi tersebut. Kinerja pengurus dapat dilihat dari beberapa aspek seperti inisiatif dan pemecahan masalah, kooperatif dan kerjasama, keandalan dan pertanggungjawaban, juga aspek keandalan dalam komunikasi. Penilaian kinerja pengurus dapat dilakukan dengan perhitungan manual (mencari rata-rata nilai) ataupun  menggunakan logika fuzzy. Shaout dan Khalid (2014) menyebutkan bahwa penilaian kinerja dengan menggunakan logika fuzzy lebih efektif daripada melakukan penilaian secara manual. Pada proses inferensia terdapat beberapa metode yang dapat diterapkan seperti metode Mamdani, metose Sugeno, juga metode Tsukamoto.

Tujuan penerapan Logika Fuzzy pada evaluasi kinerja pengurus adalah untuk mengidentifikasi kinerja pengurus secara efektif dan lebih detail. Pada proses evaluasi kinerja pengurus, meode Sugeno dipilih dalam proses inferensia. Negnevitsky (2010)  juga menyebutka jika metode Sugeno bekerja secara efektif dan bagus diterapkan pada sistem kontroling kinerja. Metode Sugeno terdiri dari beberapa tahap yaitu, fuzzification, rule evaluation, agregation of the rule outputs, deffuzzyfication.

Jika Pengelolahan data dengan menerapkan logika fuzzy dilakukan secara manual, maka akan menghabiskan waktu yang lama untuk dapat menyelsaikannya. Oleh karena itu, pada penerapan logika fuzzy dalam mengevaluasi kinerja pengurus dibuat aplikasi sebagai alat bantu dalam proses perhitungan. Aplikasi dibuat dengan menggunalan Delphi 7. Hasil pengelolahan data mengunakan aplikasi ini telah diuji menggunakan alat bantu statistik yaitu uji -paired. Sebelum melewati uji -paired data melewati uji normalitas. Output uji normalitas dengan taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa sign. Bernilai 0,705 > 0,05, menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Uji -paired dengan taraf signifikan 0,01 menunjukkan hasil pada 2-tailed sebesar 0,019 > 0,01, menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap perhitungan secara manual dan juga menerapkan logika fuzzy. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui bahwa perhitungan dengan menerapkan logika fuzzy dapat diterima.